Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark Go 2024

Bank Mandiri Berikan Pinjaman Rp875 Miliar Untuk Palapa Ring Barat

Telko.id – Program pemerintah untuk membangun jaringan broadband nasional dibagi tiga wilayah yakni paket Tengah, Paket Barat dan Paket Timur. Ketiga adalah Proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang mendapat penjaminan oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Usebesar Rp. 875 Miliar dari Bank Mandiri yang diberikan kepada konsorsium Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) yang menguasai 90% dengan Ketrosden Triasmitra (10%) sebagai pemenang tender.

Sebenarnya, paket Palapa Barat ini membutuhkan dana sebesar Rp. 1,28 Triliun. Artinya, kredit dari Bank Mandiri ini menutupi 80% kebutuhan tersebut. “Sisanya, 20 persen (sekitar Rp 4,05 triliun) akan menggunakan dana dari Moratelindo,” ujar Galumbang Menak Simanjuntak, CEO Moratelindo saat ditemui usai Penandatanganan Pembiayaan Bank Mandiri untuk Palapa Ring Paket Barat di Jakarta, Senin (25/7/2016).

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, rencananya, kredit investasi berjangka waktu delapan tahun dengan masa tenggang dua tahun tersebut akan digunakan untuk mendukung pembangunan jaringan fiber optik di lima kota atau kabupaten di Kepulauan Riau.

Kartika mengatakan kerja sama pinjaman ini merupakan wujud kontribusi Bank Mandiri terhadap kesuksesan proyek strategis nasional.

“Kami berharap, ini membantu memperkuat infrastruktur telekomunikasi dan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sehingga lebih unggul,” sahut Kartika menambahkan.

Kartika juga menambahkan bahwa proyek ini diharapkan dapat turut menciptakan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang handal dan terintegrasi di tanah air sehingga akan terjadi efisiensi investasi yang akan mendorong tarif telekomunikasi semakin murah dan percepatan pembangunan dalam sektor komunikasi.

Dengan demikian, aplikasi seperti distance learning dan e-government dapat diimplementasikan hingga tingkat kota dan kabupaten.

“Kami berharap Infrastruktur telekomunikasi yang semakin kuat akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sehingga dapat menjadi SDM yang unggul, berdaya saing dan kreatif,” sahut Kartika‎ menjelaskan.

Palapa Ring yang dikerjakan oleh konsorsium Moratelindo ini nantinya akan meliputi wilayah Riau dan Kepulauan Riau, hingga Pulau Natuna. Total kabel serat optik yang dibutuhkan dalam proyek ini mencapai 2.000 kilometer.

Target penyelesaian Proyek Palapa Ring pada akhir tahun 2018. Pada 1 Januari 2019 mulai beroperasi sepenuhnya.

Penandatanganan perjanjian pinjaman tersebut dilakukan oleh Direktur Commercial Banking Bank Mandiri Kartini Sally dan Direktur Utama PT Palapa Ring Barat Syarif Lumintardjo. Prosesi disaksikan Menteri Kominfo Rudiantara dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. (Icha)

Latest

Sisternet Ajarkan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Indonesia

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui...

Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Telko.id - Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan UU...

Tips Bikin Vlog Ramadan Pasti Mudah dengan Galaxy A15 5G

Telko.id - Mengabadikan momen keseharian memang sudah lekat dengan...

Safari Ramadan 1445 H, TelkomGroup Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri...

Rekomendasi

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

Kampanye LG ‘Better life for all’, Ciptakan Budaya Pangan Berkelanjutan

Telko.id - PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan kampanye “Better life for all”. Menjadi sebuah inisiatif perusahaan untuk berkontribusi dalam terciptanya budaya pangan berkelanjutan....

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini