Telko.id – Era digital mengharuskan perusahaan kecil menengah untuk melakukan transformasi bisnis agar mampu bersaing. Namun, ternyata tidak mudah untuk melakukannya karena membutuhkan biaya yang tidak kecil. Untuk itu, XL mencoba merangkul para usaha kecil menengah agar mampu beradaptasi pada era digital ini. Caranya adalah dengan menghadirkan Infinet.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh internet XL pun ada dua point penting. Pertama tentang penetrasi internet yang meningkat. Dalam risetnya ternyata 20% UKM di Jabodetabek memiliki online shop atau melakukan pemasaran melalui online dan 45% dari UKM menyediakan internet untuk para karyawannya.

Ke dua, UKM membutuhkan speed dan quota yang lebih besar. Di mana 40% UKM yang sudah menggunakan layanan broadband tidak puas karena kecepatan yang diperolehnya kurang mendukung bisnis mereka. Lalu, 45% lainnya berbagi internet pada karyawannya.

Berdasarkan itu semua, XL melihat bahwa ada potensial pasar untuk mobile broadband. Paling tidak, saat ini sudah ada 70% UKM yang sudah menggunakan layanan mobile broadband. Dan diperkirakan 5 tahun ke depan akan ada peningkatan atau pertumbuhan 30% subcriber mobile broadband setiap tahunnya.

XL juga melihat ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh UKM untuk melakukan transformasi digital. Pertama adalah slow internet data. Di mana, karena persoalan kecepatan internet ini menjadi UKM tersebut kurang kompetitif dan kehilangan peluang. Ke dua, Small Quota internet data. Kekurangan quota data ini menjadikan UKM kurang produktif. Ke tiga, rata-rat akses internet yang disediakan adalah base on wire. Jadi cukup sulit untuk memperolehnya karena tidak semua lokasi dapat dilayani. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Semua itu membuat XL menghadirkan Infinet, layanan mobile broadband 4G LTE untuk solusi bisnis UKM. Hal ini juga selaras dengan upaya pemerintah untuk mendorong perkembangan bisnis UKM. Kehadiran layanan Infinet ini juga semakin melengkapi berbagai pilhan solusi bagi para pelaku bisnis UMKM yang selama ini sudah disediakan oleh XL melalui Digibiz.

Direktur/Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan mengatakan,“Kehadiran produk layanan ini merupakan wujud komitmen XL untuk dapat membantu kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui ketersediaan akses Internet mobile berkecepatanan tinggi 4G LTE dengan kuota yang besar. Akses Internet cepat mobile yang dapat digunakan secara bersama-sama di kantor atau di suatu lokasi tertentu dan disertai dengan kuota yang besar, dan harga terjangkau tentunya sangat dibutuhkan para pelaku bisnis UMKM, karena dapat meningkatkan efisiensi bisnis yang dilakukan. Dan dengan efisiensi pula, maka bisnisnya bisa lebih berpeluang untuk semakin berkembang.

Ongki menjelaskan lebih lanjut, “XL Infinet juga merupakan salah satu solusi dari beragam solusi untuk mendukung bisnis UKM yang sebelumnya sudah kami bangun melalui plattform Digibiz. Untuk tahap awal, kami coba perkenalkan layanan ini secara terbatas dan kami buka pemesanan (pre-order) bagi para pelaku bisnis UKM yang tertarik dengan layanan kami ini. Kami yakin layanan ini, nantinya akan mendapatkan respon positif dari para pelaku bisnis”.

Didalam layanan XL Infinet disediakan layanan paket data dengan teknologi LTE 4G, yang dipaketkan dengan domain, website, email korporat, dan beragam aplikasi untuk bisnis. Jadi, dengan membeli layanan ini, pelanggan akan mendapatkan paket solusi yang di dalamnya sudah termasuk mendapatkan domain di internet, website yang didesain sesuai kebutuhan usaha pelanggan, juga email perusahaan dan aplikasi bisnis yang diperlukan.”

Paket XL Infinet ditawarkan mulai dari harga Rp 200 ribuan/bulan, dengan kuota data sampai dengan 120 Gb. Penawaran harga hemat ini sudah termasuk mendapatkan domain, website, dan korporat email tersebut di atas. Sudah termasuk pula dalam paket XL Infinet, pelanggan mendapatkan seperangkat modem atau router untuk menghubungkan semua sistem layanan usaha dengan jaringan internet.

Keunggulan perangkat modem/router ini adalah kemampuan terhubung dengan layanan internet cepat XL 4G LTE. Hal ini akan sangat mendukung pemenuhan kebutuhan pelaku usaha untuk bisa terkoneksi secara cepat dan stabil dengan jaringan internet dan pasar yang dibidik. Internet 4G LTE akan sangat mendukung bagi keperluan antara promosi, transaksi, pengelolaan stok barang, juga komunikasi dengan pelanggan atau relasi bisnis.

XL Infinet memang sengaja menyasar kepada segmen UKM dan perusahaan yang mempunyai kantor cabang skala kecil dan sedang, dengan sekitar 20 staf. Layanan ini juga sangat cocok untuk kalangan pengrajin atau usaha rumahan. XL Infinet sangat pas untuk memenuhi kebutuhan konektifitas data antara kantor pusat dengan kantor cabang dengan biaya rendah. Selain itu, karena bersifat wireless atau nirkabel maka mudah digunakan dan dipindah-pindah tanpa perlu izin pengelola gedung.

Dari sisi akses internet, solusi XL Infinet sangat bermanfaat untuk usaha yang memerlukan koneksi internet, yang menempati kantor tidak di pinggir jalan besar, atau kantor di sebuah gedung perkantoran, atau sebuah kantor cabang. Sebagai gambaran, bagi sebuah bengkel mobil, XL Infinet antara lain bisa bermanfaat untuk menyediakan fasilitas internet wifi kepada pelanggan yang sedang menunggu sementara kendaraannya ditangani, menyediakan website untuk booking jadwal service, dan email untuk layanan customer care.

Contoh lain, solusi ini sangat cocok untuk antara lain klinik dokter 24 jam, salon kecantikan, kursus ketrampilan, klinik hewan, gudang perkantoran untuk koneksi data ke kantor pusat, toko kelontong, juga agen perjalanan.

XL sendiri masih belum akan mendorong layanan Infinet ini dengan maksimal karena harus melihat dulu implikasinya pada layanan regulernya. Pasalnya, ketika disuatu daerah terdapat UKM yang menggunakan Infinet, maka harus dipastikan pelanggan retail tidak terganggu. Itu sebabnya, sampai akhir tahun 2016 hanya 50 – 70 ribu pelanggan saja yang disasar.

Untuk Infinet ini baru akan dipasarkan di Jabodetabek, Surabaya dan Bandung. Lalu akan diperluas lagi pemasarannya sesuai dengan wilayah yang sudah terjangkau oleh 4G LTE XL yakni di 36 kota. Dan, terus akan dikembangkan sesuai dengan rencana jaringan 4G LTE XL yang diakhir 2016 akan mencapai 85 kota. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.