Xiaomi Mi 11

Telko.id – Xiaomi Mi 11 resmi diluncurkan secara global hari ini. Yang diandalkan adalah hardware dan software kamera yang canggih. Ibarat studio film yang berada disaku Anda. Yang dibenamkan antara lain chipset Qualcomm Snapdragon 888, kamera belakang triple 108MP, audio sinematik, dan pengisian nirkabel 50W.

Mari kita bahas kamera nya terlebih dahulu terutama kenapa sampai brand ini bisa disebut sebagai studio film. Yang pertama, Xiaomi Mi 11 ini memiliki tiga kamera 108MP dan banyak mode film AI tingkat lanjut.

Produk ini menjanjikan akan mempermudah Anda sebagai sutradara film dengan pengaturan tiga kamera belakang. Memiliki sensor kamera sudut lebar 108MP resolusi tertinggi di dunia untuk penembak utamanya, Mi 11 menangkap gambar sebening kristal dengan detail memesona yang hanya sebanding dengan DSLR kelas profesional atau kamera mirrorless. 

Kamera sudut ultra lebar 13MP dan lensa telemakro 5MP melengkapi pengaturan kamera belakang, menawarkan bidikan lanskap dan detail yang mengesankan dengan bokeh yang brilian. Di bagian depan, kamera depan berlubang 20MP meminimalkan bezel di homescreen sekaligus memastikan pengguna tampil terbaik saat berswafoto atau mengobrol video dengan teman.

Tiga lensa unggulan dari Xiaomi Mi 11

Yang menarik, kamera yang ada didukung pula dengan fitur baru untuk fotografi dan videografi. Kemampuan mode malam yang ditingkatkan dengan menawarkan mode malam foto tidak hanya pada satu, bukan dua, tetapi tiga kameranya: primer, ultra-lebar, dan depan. 

Beragam keunggulan kamera Xiaomi Mi 11

Teknologi mode malam video di Xiaomi Mi 11 ini pun mampu mengurangi kebisingan tingkat RAW untuk pengambilan gambar malam yang lebih cerah. Enam fitur AI cinema satu klik membuat pengambilan gambar berseni menjadi mudah, dari Parallel World – yang menduplikasi dan membalikkan adegan Anda untuk memberikan tampilan dunia cermin – hingga Membekukan Video Bingkai – yang membekukan dan mengkloning bingkai video untuk menciptakan ilusi yang menjadi bagian dari video Anda dibekukan dalam waktu. 

Penggemar film sejati akan menghargai mode Magic Zoom, menciptakan ilusi kamera secara bersamaan memperbesar dan memperkecil adegan, trik yang awalnya dipopulerkan melalui film thriller.

Smartphone ini pun ekarang menawarkan kontrol pemotretan tingkat studio dengan perekaman HDR10 + dan mode Pro Time-lapse baru, yang mampu menyesuaikan kecepatan rana, ISO, bukaan, dan EV untuk menangani bahkan situasi pencahayaan yang paling menantang. Kontrol tingkat studio juga meluas ke pengeditan dengan fitur AI canggih, termasuk AI Erase 2.0 yang memungkinkan pengguna untuk menghapus objek atau garis yang tidak diinginkan dari gambar dengan satu klik mudah.

Layar Berkualitas WQHD+

Layar juga menjadi andalan Xiaomi Mi 11. Dengan menggunakan AMOLED DotDisplay 120Hz 6.81” membuat apa yang dilihat melalui kamera, akan terlihat seperti aslinya. Layar Xiaomi yang paling canggih bersinar dengan resolusi WQHD + ultra-tinggi, dan teknologi warna 10-bit, memungkinkan kejernihan menakjubkan dan transisi warna yang mulus. Kesederhanaan memenuhi kenyamanan dengan teknologi Resolusi Supernya, yang meningkatkan video resolusi rendah ke kualitas WQHD + tanpa khawatir konsumsi data meningkat.

Anda pun akan berselancar dengan nyaman dan cepat karena smartphone ini memiliki 120 Hz refresh rate dan 480Hz touch sampling rate. Ditambah lagi, produk ini didesain dengan keempat tepi nya yang melengkung secara halus. 

Namun, sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus sehingga lebih tahan ketika tidak sengaja terjatuh. Plus ada lapisan akhir ganda anti-silau buram yang menangkap cahaya, bukan sidik jari, dan akan tersedia dalam dua varian warna: Midnight Grey dan Horizon Blue2.

Kinjera yang Andal

Xiaomi Mi 11 adalah ponsel pertama yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 888. Chipset ini mengubah standar pemrosesan premium dengan GPU Adreno 660, mesin Qualcomm AI generasi ke-6, dan modem X60 – memadukan teknologi AI dengan konektivitas 5G.

Selain itu juga memiliki  teknologi proses 5nm menjadikan Xiaomi Mi 11 lebih cepat, lebih bertenaga, dan lebih efisien daripada pendahulunya. Perangkat ini tidak hanya mendukung game 2K / 120fps / HDR, tetapi juga mengusung desain octa-core, dan inti ultra-besar Arm Cortex-X1 yang meningkatkan kinerja secara dramatis. Semua itu sementara LPDDR5 3.200MHz memastikan kecepatan transfer data luar biasa yang telah meningkat dari 5.500Mbps menjadi 6.400Mbps.

Dilengkapi dengan sistem pembuangan panas LiquidCool terbaru, perangkat ini dengan mudah menangani permainan ekstrem dan operasi berkapasitas tinggi lainnya sambil tetap dingin. Pada saat yang sama, 4600mAh (typ), kombinasi tiga kali lipat yang mengejutkan dari kabel 55W, nirkabel 50W dan pengisian balik 10W4 dan pengisi daya GaN 55W yang kompak namun kuat yang disertakan dalam kotak, memastikan bahwa Mi 11 tetap bertenaga untuk setiap petualangan kehidupan. 

Gunakan MIUI 12.5

Xiaomi Mi 11 ini sudah menggunakan MIUI 12.5. Sebuah pembaruan perantara berdasarkan MIUI 12 dengan fokus kuat pada pengoptimalan sistem. Setelah perombakan total pada UI sistem, penggunaan CPU-nya berkurang hingga 22% sementara konsumsi daya – hingga 15%, memastikan kinerja dan grafik tanpa gesekan.

Ini paling terlihat dalam gerakan layar yang sekarang akan lebih mulus dari sebelumnya. Di sistem sebelumnya, gestur dan tugas lain dirender pada satu thread yang menghasilkan antrean tugas yang bersaing untuk penggunaan CPU. Secara alami, dalam skenario ini, tugas yang berlebihan dapat menyebabkan kelambatan. Namun, di MIUI 12.5, isyarat menerima utas khusus, memastikan tidak ada tugas lain yang akan mengganggunya, dan menjamin respons instan.

Sorotan lain dari MIUI 12.5 adalah aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus. Sebagian besar aplikasi di sistem baru dapat dicopot pemasangannya, sementara sejumlah kecil aplikasi yang terukir di inti sistem dapat disembunyikan.

Batch pertama perangkat akan mulai menerima pembaruan MIUI 12.5 pada Q2, 2021, itu akan mencakup: Mi 10T, Mi 10T Pro, Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 11. Gelombang kedua akan mencakup 11 perangkat Xiaomi lainnya. Jadwal rilis untuk perangkat lain akan dipublikasikan secara bertahap di MIUI.com.

Xiaomi Mi 11 hadir dalam dua varian penyimpanan: 8GB + 128GB dan 8GB + 256GB dengan peningkatan LPDDR5 3200MHz RAM + penyimpanan UFS 3.1. Mulai dari € 749 atau sekitar Rp.12.7 juta dan € 799 atau sekitar Rp.13.5 juta. Nah yang menariknya, kini Xiaomi memberikan garansi dua tahun gratis, dua kali lipat dari yang biasanya ditawarkan untuk flagships. Selain itu, pengguna berhak mendapatkan layanan perbaikan gratis satu kali di Pusat Layanan Xiaomi setempat selama dua belas bulan pertama setelah pembelian.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Display6.81” AMOLED quad-curve DotDisplay with TrueColor 
20:9 Aspect ratio, WQHD+ 
120 Hz refresh rate 
480Hz touch sampling rate 
Color contrast ratio: 5,000,000:1 (typ) 
900nits (typ), 1500nits max brightness (typ) 
Color gamut: Supports DCI-P3 Color accuracy: JNCD≈0.38,△E≈0.41
10-bit color depth
HDR 10+, SGS Eye Care Display Certification 
ColorAnti-glare frosted glass: Midnight Gray/ Horizon Blue
BodyCorning® Gorilla® Glass Victus™
Dimensions164.3mm x 74.6mm x 8.06mm 196g(glass)
PerformanceQualcomm® Snapdragon™ 888 
5nm power-efficient manufacturing process 
Octa-core design, ultra-large core Arm Cortex-X1
AdrenoTM 660 GPU, 6th generation Qualcomm® AI engine
X60 modem for lightning-fast 5G connectivity
Enhanced LPDDR5 3200MHz RAM + UFS 3.1 storage
Variants: 8GB+128GB, 8GB+256GB 
Rear camera108MP wide-angle camera
1/1.33” sensor size, f/1.85, 7P lens – OIS, AF
0.8μm pixel size, 1.6μm 4-in-1 Super Pixel   
13MP ultra-wide angle camera   
123° FOV, f/2.4 aperture  
5MP telemacro camera 
f/2.4, AF (3cm-10cm) 
Front camera20MP in-display selfie camera
0.8μm pixel size 
1.6μm 4-in-1 Super Pixel 
f/2.4 aperture 
ConnectivityDual SIM, dual 5G standby  
Wi-Fi 6 
Multi-functional NFC and IR blaster 
USB Type-C 
UnlockIn-screen fingerprint sensor with heart rate monitoring  
Face unlock 
Charging4,600mAh (typ) battery 
55W wired and 50W wireless fast charging 
10W reverse wireless charging 
AudioDual speakers, SOUND BY Harman Kardon  
Hi-Res Audio Certification 
Hi-Res Audio Wireless Certification 
MotorX-axis linear vibration motor
SystemMIUI 12 based on Android 10
Storage variants8GB+128GB 
8GB+256GB 

(Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.