Telset

Telko.id, Jakarta – Sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan (R&D) baru-baru ini didaftarkan Xiaomi di Finlandia. Berlokasi di Tampere, perusahaan ini secara resmi terdaftar sebagai Xiaomi Finland Oy dan akan fokus pada pengembangan teknologi kamera.

Dilaporkan SuomiMobile, seperti dilansir Telko.id dari GSMArena, Sabtu (13/7/2019), hal lainnya yang akan menjadi fokus perusahaan ini adalah R&D perangkat lunak, sistem TI, dan peralatan telekomunikasi. David Arthur Felix yang merupakan CEO Xiaomi Finlandia telah ditunjuk sebagai Direktur Pelaksana perusahaan ini.

{Baca juga: Xiaomi Mi A3 dan Mi A3 Lite Punya Spek Kencang, Ini Bocorannya}

Sekedar informasi, dua tahun lalu Nokia dan Xiaomi menandatangani perjanjian kerjasama yang berpusat pada lisensi paten antara kedua perusahaan. Nokia setuju untuk menyediakan peralatan infrastruktur jaringan kepada mitra China-nya dan memberikan akses ke portofolio paten miliknya.

Kali ini, ekspansi perusahaan asal China ke Finlandia ini bisa jadi masih merupakan bagian dari kemitraan itu, setidaknya sampai batas tertentu.

{Baca juga: Xiaomi Bikin Smartphone dengan Kamera ala Reno 10x Zoom}

Langkah Xioami untuk mendirikan perusahaan R&D di Finlandia ini mengikuti jejak perusahaan China lainnya, yakni Huawei, yang telah lebih dulu mendirikan perusahaan serupa. Huawei juga menjadi tempat bagi banyak mantan ahli Nokia dan setelah bermitra dengan Leica, perangkat Huawei kini memiliki reputasi sebagai yang terbaik atau di antara ponsel kamera terbaik di pasar.

Saat ini entitas litbang Huawei di Helsinki dan Tampere bisa dibilang adalah yang terbesar di antara  yang dimiliki Huawei di luar China. Kala itu, perusahaan ini berinvestasi secara global sebesar USD 9,2 miliar dalam R&D, menjadikannya sebagai investor R&D nomor 8 secara global pada tahun 2016. [IF]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.