Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Lupakan 4G dan 5G, Warga Kuba Akhirnya Bisa Juga Rasakan 3G

Telko.id, Jakarta – Sementara negara-negara di sekitarnya sudah menggunakan teknologi 4G, beberapa bahkan sibuk ujicoba 5G, Kuba belum lama ini baru saja mengumumkan ketersediaan mobile internet – untuk pertama kalinya, di Negara tersebut. Tak hanya itu, pemerintah bahkan bertujuan untuk memperluas konektivitas nasional pada akhir tahun.

Dengan tersedianya layanan ini, perangkat pengguna tertentu – terutama karyawan di kedutaan dan kantor berita yang dikelola negara – kini dapat mengakses layanan internet seluler 3G yang ditawarkan oleh ETECSA, operator pemerintah Kuba yang saat ini memegang monopoli atas telekomunikasi. Tidak tanggung-tanggung, ETECSA memiliki hampir 5 juta pelanggan seluler di Kuba, atau sekitar setengah dari populasi negara.

Menurut Developing Telecom, Kamis (19/07/2018), langkah ini adalah bagian dari prakarsa baru pemerintah yang berupaya meningkatkan konektivitas di tempat yang saat ini menjadi salah satu pasar yang paling tidak terhubung di Belahan Bumi Barat.

Ini terjadi baik lantaran kurangnya pendanaan pemerintah maupun embargo perdagangan yang berkepanjangan oleh AS. Disamping itu, pemerintah Kuba juga dikenal memiliki sejarah panjang dalam membatasi ketersediaan ponsel dan akses internet di seluruh negeri demi mendapatkan kontrol yang lebih besar atas komunikasi dan konten online.

Pemerintah Komunis Kuba secara efektif memiliki kendali atas media, dan sering menyelesaikan masalah dengan memblokir akses ke situs web dan layanan. Dengan dibukanya konektivitas internet, secara tidak langsung akan membuat informasi lebih bebas tersedia bagi rakyat Kuba, yang tidak bias dihindari mengurangi kontrol negara atas apa yang dilihat oleh publik.

“Ini merupakan perubahan radikal. Saya sekarang dapat memperbarui berita dari mana pun saya berada, termasuk di mana berita itu terjadi,” kata Yuris Norido, seorang wartawan Kuba tak lama setelah keputusan dibuat.

Ironis memang, karena meskipun mayoritas pengguna ponsel di Kuba memiliki smartphone, namun yang diluncurkan pemerintah Kuba saat ini barulah teknologi 3G. Peluncuran layanan 3G ini sendiri dijadwalkan selesai pada akhir 2018. [IF]

 

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Review : Acer Aspire 5 Spin 14 Varian Intel Core i5-1335U

Laptop Multifungsi dengan Segudang Inovasi Telko.id - Acer Aspire 5 Spin 14 (A5SP14-51MTN) mengusung konsep laptop convertible yang mendukung beragam aktivitas sehari-hari dengan fleksibilitas tinggi....

Acer Kenalkan Laptop Gaming Predator Helios Neo 16, Apa Keunggulannya?

Telko.id - Acer resmi meluncurkan laptop gaming Predator Helios Neo 16 terbaru, dilengkapi dengan  Intel Core HX series generasi ke-14 terbaru dan GPU Laptop...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini