Qualcomm Siap Komersialkan Chipset Baru Yang 5G Ready

0

Telko.id – Qualcomm baru saja mengumumkan generasi produk dari Mobile Platform seri 8 yakni Snapdragon 855 Mobile Platform. Produk ini diklaim oleh perusahaan asal Amerika ini sebagai mobile platform komersial pertama di dunia yang secara kolektif mendukung 5G multi-gigabit, AI terdepan di industri, dan extended reality (XR) imersif sehingga dapat memulai era baru dari revolusi perangkat seluler.

Langkah Qualcomm ini untuk melengkapi ekosistem 5G dimana, dalam ekosistem itu harus ada unsur Network, Device dan Application. Nah, Snadragon 855 mobile patform ini akan digunakan oleh para produsen device untuk menciptakan produk 5G yang hingga saat ini masih belum ada yang komersial.

Dengan diluncurkan chipset dari Qualcomm ini maka para produsen smartphone atau device 5G lainnya mulai bisa memproduksi secara masal.

“Sejalan dengan peluncuran jaringan 5G oleh para operator di awal tahun 2019, konsumen untuk pertama kalinya mendapatkan manfaat dari pengalaman transformatif 5G di dalam perangkat seluler yang menggunakan Snapdragon 855,” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager untuk Mobile di Qualcomm Technologies, Inc, diacara Snapdragon Technology Summit, di Maui, Hawaii.

Apa saja keunggulan dari Snapdragon 855 Mobile platform?

Konektivitas: Snapdragon 855 Mobile Platform ini menggunakan 5G X50 dan mengkombinasikan dengan modem konektivitas 4G multi-gigabit dengan modem LTE Snapdragon X24. Dengan dukungan 5G di frekuensi Sub-6 GHz dan mmWave, Snapdragon X50 memberikan respon dan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya. Semua itu membuat pengguna akan merasakan kecepatan 20 kali rata-rata dibandingkan saat ini.

Hal ini untuk memenuhi tuntutan kebutuhan data yang ada dan membuka jalan untuk pengalaman imersif generasi selanjutnya seperti gim VR multiplayer, berbelanja menggunakan AR, dan kolaborasi video secara real time.

Selain itu, Snapdragon 855 juga menawarkan performa dari Wi-Fi generasi selanjutnya berkat Qualcomm Wi-Fi 6-ready mobile platform, termasuk fitur canggih seperti 8×8 sounding untuk mendukung lebih banyak perangkat secara lebih efisien (hingga 2x peningkatan dibanding 4×4 sounding device), Target Wakeup Time untuk 67% efisiensi daya, dan keamanan terkini dengan WPA3. Snapdragon 855 juga mendukung mmWave Wi-Fi menggunakan Qualcomm 60 GHz Wi-Fi Mobile Platform.

Platform yang berdasar pada 802.11ay pertama di industri ini meningkatkan kecepatan Wi-Fi hingga 10Gbps dan membawa latensi rendah layaknya koneksi menggunakan kabel. Snapdragon 855 juga meningkatkan dukungannya untuk teknologi Qualcomm TrueWireless Stereo Plus untuk memenuhi tuntuan pasar headset dan hearable dimana earbud kiri dan kanan, latensi nya akan sangat rendah.

Kinerja: Demi memberikan kinerja dan efisiensi yang terbaik, Snapdragon 855 didukung oleh CPU Qualcomm Kryo 485 yang dibangun di atas teknologi Arm Cortex, hingga mampu memberikan efisiensi 45% dibanding platform sebelum nya. GPU Qualcomm Adreno 640 terbaru memberikan hingga 20% grafis yang lebih cepat dibanding generasi sebelumnya dan tetap mempertahankan posisi sebagai pemimpin untuk performa per watt.

Hal ini akan memberikan pengalaman gaming menggunakan grafis Adreno akan mencapai level baru dalam mewujudkan realita permainan melalui dukungan Vulkan 1.1, high dynamic range (HDR), dan physically based rendering (PBR).

Artificial Inteligent: Snapdragon 855 didukung oleh generasi keempat multi-core Qualcomm AI Engine yang menawarkan kapasitas total hingga lebih dari 7 trillion operations per second (7 TOPs) dan 3x performa AI dibanding generasi sebelumnya. Qualcomm Hexagon 690 Processor terbaru termasuk di dalamnya Hexagon Tensor Accelerator (HTA) dan empat Hexagon Vector eXtensions (HVX) dengan desain terbaru – dua kali jumlah vector processing dari generasi flagship sebelumnya – dan empat scalar threads, yang mana keseluruhannya memberikan kombinasi tangguh untuk akselerasi AI khusus dan dapat diprogram.

Peningkatan perangkat keras juga terjadi di GPU Adreno yang menampung lebih dari 50% arithmetic logic units dan di CPU Kryo 485 dengan penambahan instruksi baru untuk lebih jauh mengingkatkan kecepatan performa AI.

Kamera: Snapdragon 855 menetapkan standar baru dalam mengambil video dan foto yang luar biasa. Qualcomm Spectra 380 ISP terbaru menggabungkan beragam akselerasi perangkat keras dari kapabilitas computer vision (CV), memungkinkan CV- ISP yang pertama diumumkan di dunia ini untuk memberikan fitur komputasi fotografi dan pengambilan video tercanggih dan di saat yang sama juga memberikan hingga 4x manajemen daya yang lebih efisien.

Gaming: Snapdragon 855 merupakan platform pertama yang menawarkan Snapdragon Elite Gaming Experience terbaru. Pengalaman ini termasuk warna sekelas sinema di HDR yang sesungguhnya (lebih dari 1 miliar warna), tone- mapping seperti film, serta dukungan untuk physically based rendering (PBR) dan grafis Vulkan 1.1.

Film: Peningkatan pengalaman sinema juga mendukung playback HDR 10+ – fitur komersil pertama yang dapat digunakan dalam mobile. Pengguna juga dapat menonton lebih banyak film dalam satu kali pengisian daya sebab peningkatan perangkat keras decoding H.265 dan VP9 menawarkan efisiensi energi.

XR: Snapdragon 855 juga memungkinkan pengalaman volumetric virtual reality (VR) video yang imersif pada resolusi 8K. Penambahan ini, dan peningkatan kapabilitas lainnya, memberikan pengguna kebebasan seutuhnya untuk menonton, belajar, bermain dan berbagi pengalaman yang dinamis secara real time, bahkan dapat meleburkan batasan visual antara dunia fisik dan virtual.

Snapdragon 855 merupakan mobile platform pertama yang mendukung Qualcomm® 3D Sonic Sensor, solusi sidik jari ultrasonik komersial pertama di dunia yang dapat digunakan di bawah layar. Ia merupakan satu-satunya mobile solusi yang dapat secara akurat mendeteksi sidik jari bahkan dengan berbagai halangan.

Selanjutnya, teknologi ini juga mampu memungkinkan bentuk perangkat yang ramping dan modern namun di saat yang sama juga membedakan dirinya dari alternatif yang lain dengan tingkatan keamanan dan akurasi yang tinggi.

Snapdragon 855 Mobile Platform saat ini tengah berada dalam tahap sampling dan diharapkan dapat mulai pengiriman di perangkat komersial pada paruh pertama tahun 2019. Mobile platform ini akan mentenagai generasi perangkat flagship premium dan membawa dunia ke era pengalaman pengguna yang lebih imersif dan terkoneksi. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.