Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Jambi dan Sultra Kini Sudah Bisa Merasakan Layanan 4G LTE XL

Telko.id – XL Axiata sebagai operator terus melakukan perluasan jaringan layanan Data berkualitas di berbagai daerah. Untuk wilayah Provinsi Jambi, kini sudah 8 kota/kabupaten yang telah terjangkau layanan 4G LTE. Total saat ini telah beroperasi sekitar sekitar 100 BTS 4G dan lebih dari 300 BTS 3G yang akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga kualitas dan perluasan jangkauan.

Sementara itu, di Provinsi Sulawesi Tenggara, jaringan 4G LTE XL Axiata juga telah masuk ke 5 kota/kabupaten dan mampu mendorong kenaikan trafik layanan data secara signifikan di daerah tersebut.

“Saat ini layanan 4G LTE dari XL Axiata sudah masuk ke lebih dari 117 kota/kabupaten di semua provinsi di Sumatera, dengan target bisa masuk dan melayani masyarakat di 127 kota/kabupaten yang ada di sana, ” kata Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata.

Yosetya juga menambahkan bahwa “Perluasan yang dilakukan oleh XL ini cukup agresif, karena kami melihat saat inilah momentum yang paling tepat mengingat semakin meratanya permintaan atas layanan data yang berkualitas di berbagai daerah. Untuk area-area yang belum memungkinkan masuknya jaringan 4G LTE, kami pun meningkatkan jangkauan layanan 3G yang juga lebih berkualitas.”

Sejak Mei 2017 lalu, kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan 4G LTE XL adalah Kota Jambi, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kota Sungai Penuh. Dengan hadirnya layanan 4G LTE ini, XL Axiata berharap warga masyarakat di Jambi secara umum dan terutama para pelanggan, akan bisa memanfaatkan akses ke jaringan internet cepat dan layanan data berkualitas secara maksimal, terutama untuk tujuan-tujuan yang produktif. Jumlah BTS 4G terbanyak ada di Kota Jambi sebagai ibukota provinsi dan pusat perekonomian, yaitu sekitar 50 unit.

Pada sisi pelanggan, saat ini ada sekitar 1,3 juta total pelanggan XL Axiata di Provinsi Jambi, dengan 33% diantaranya telah secara aktif menggunakan layanan data, baik 4G maupun 3G. Sejak layanan 4G LTE masuk ke 8 kota/kabupaten tersebut, dalam 3 bulan terakhir terlihat peningkatan trafik layanan data sebesar 86%.

Diprediksi trafik layanan data di wilayah inibakan terus meningkat seiring dengan semakin banyak pelanggan yang beralih menggunakan smartphone 4G. Dari sisi pengguna, saat ini jumlah pelanggan yang sudah menggunakan smartphone 4G mencapai 32% dari total pelanggan Jambi.

4G LTE XL dia Sulawesi Tenggara

Perkembangan yang menggembirakan juga terjadi di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Tercatat kenaikan trafik data mencapai 134% dalam kurun waktu setahun terakhir, termasuk 3 bulan sejak layanan 4G LTE masuk Sultra. Layanan 4G LTE XL Axiata ini telah hadir di Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Muna. Total pelanggan XL Axiata di Sultra lebih dari 379 ribu, sekitar 100 ribu pelanggan di antaranya telah aktif memanfaatkan layanan 4G LTE.

Untuk memperkuat layanan 4G LTE ini, XL Axiata terus membangun infrastruktur di Sultra. Jumlah BTS 4G pun terus bertambah, kini mencapai 40 unit di kelima kota/kabupaten yang sudah terjangkau tersebut. Jumlah BTS 4G terbanyak ada di Kota Kendari yang merupakan Ibukota provinsi dan pusat perekonomian.

Penambahan BTS 4G ini masih akan terus berlanjut sesuai dengan peningkatan kebutuhan pelanggan. Sementara itu, perluasan ke kota/kabupaten lainnya di Sultra juga terus diupayakan. Untuk kota/kabupaten lainnya yang belum terjangkau 4G LTE, pelanggan bisa memanfaatkan layanan 3G dengan kualitas yang telah ditingkatkan. Total ada sekitar 300 unit BTS 3G di seluruh kota/kabupaten di Sultra.

Secara umum, di seluruh wilayah Sulawesi permintaan layanan Data pada pelanggan telekomunikasi juga cukup tinggi. Di Semester 1 2017, dari total pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi sekitar 2,7 juta, tingkat penetrasi smartphone data (3G dan 4G) mencapai 68%. Khusus untuk pengguna smartphone 4G, jumlahnya lebih dari 1 juta pelanggan. Sementara itu, trafik layanan data di seluruh Sulawesi meningkat hingga 269% dalam setahun terakhir, dan untuk trafik 4G LTE bahkan sampai 509%.

Pertumbuhan trafik layanan Data di seluruh Sulawesi tersebut mendorong XL Axiata untuk terus membangun infrastruktur layanan data, termasuk 4G LTE, di berbagai provinsi. Layanan 4G LTE sudah masuk dan melayani masyarakat di 37 kota/kabupaten lain di semua provinsi di Sulawesi. Kota-kota tersebut antara lain Makassar, Manado, Palu, Parepare, Gorontalo, dan Kotamobagu.

Kini, total BTS 4G di seluruh Sulawesi yang sudah beroperasi ada sekitar 500 unit, dan akan terus ditambah hingga mencapai lebih dari 560 unit sampai akhir tahun 2017. Sementara itu, untuk layanan 3G, sudah menjangkau semua provinsi dan sebagian besar kota/kabupaten di seluruh Sulawesi, dengan jumlah total BTS 3G mencapai lebih dari 1.700 unit, dan ditargetkan lebih dari 1.900 unit hingga akhir tahun.

Secara nasional, hingga akhir Agustus 2017, sudah ada 338 kota/kabupaten yang terjangkau layanan internet cepat 4G LTE, termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jumlah pelanggan layanan Data secara umum juga terus meningkat, saat ini mencapai sekitar 70% dari total pelanggan. Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi sekitar 67% dari total pelanggan.

Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 20 juta dari total pelanggan. Layanan XL Axiata saat ini didukung oleh total lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 42 ribu BTS 3G dan lebih dari 14 ribu BTS 4G. ( Icha)

Latest

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan...

Cybersecurity Center of Excellence, Dibentuk Demi Jaga Ekonomi Digital Indonesia

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan...

Fitur Smart Switch, Solusi Mudah Pindahkan Data ke Galaxy A15

Telko.id – Ganti device? Hmm pasti muncul pertanyaan, “Wah,...

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data...

Rekomendasi

Libur Ramadan dan Lebaran, Trafik Data XL Axiata Meningkat 16%

Telko.id - XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara...

Sambut Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut

Telko.id - PT XL Axiata Tbk telah memastikan kesiapan jaringannya guna melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan...

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

Telko.id - XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini