Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

5 Hal Hebat yang Bisa Anda Lakukan dengan 5G

Telko.id – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa 5G akan ‘berjalan’ jauh lebih kencang dibanding 4G. Beberapa bahkan menyebut, bahwa teknologi generasi kelima ini akan memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat dari teknologi nirkabel saat ini, tak terkecuali apa ditawarkan Google Fiber melalui koneksi fisik ke rumahnya.

Nah, tak menngherankan jika 5G menjadi topik hangat dalam penyelenggaraan Mobile World Congress belum lama ini. Semua percaya bahwa kecepatan luar biasa dan responsif yang dicapai dengan 5G akan dapat membuka kemungkinan baru. Apa sajakah itu?

Pengalaman baru dalam Gaming
Ingin memainkan game virtual melawan teman di seluruh dunia atau mengunjungi sebuah rumah pantai yang mewah ketika Anda mulai bosan dengan rutinitas? Dengan 5G, Anda akan dapat secara nirkabel mengalirkan konten ke headset virtual-realitas Anda.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan saat MWC bahwa ia berharap VR akan menjadi salah satu “aplikasi pembunuh 5G.” Transfer data akan sangat cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapat pengalaman virtual ke headset VR mobile Anda.

Mobile tanpa pengemudi (Self-driving cars)

Jaringan 5G dapat merespon dengan cukup cepat untuk mengkoordinasikan mobil tanpa pengemudi (self-driving), baik itu saat mobil berbicara dengan kontroler pusat di persimpangan jalan atau berkomunikasi satu sama lain.

“Bisa Anda bayangkan tidak ada lampu lalu lintas di jalan – mobil melintas, tapi mereka tidak menabrak satu sama lain,” kata Volker Held, kepala pemasaran inovasi Nokia.

Saat semua mobil memiliki sensor dan kamera, mereka juga bisa menangkap rekaman video terus menerus, tambah Marc Naddell, wakil presiden MediaTek. Jika ada kecelakaan, Anda akan dapat melihat video dari semua sudut, bukan hanya dari mobil yang terlibat tetapi dari semua mobil yang saat itu ada di daerah tersebut.

Pengobatan jarak jauh

Telemedicine menjadi mungkin dengan 5G, yang memiliki lag komunikasi cukup singkat untuk memungkinkan dokter melakukan beberapa prosedur jarak jauh, kata CTO Qualcomm Matt Grob. Operator dapat mengatur jaringan 5G sehingga prosedur medis itu mendapatkan prioritas lebih dari seseorang yang menonton video YouTube.

Jeda waktu yang begitu singkat memungkinkan dokter menggunakan robot untuk melakukan operasi terhadap seseorang, bahkan dari jarak 1.000 mil sekalipun. Orang-orang di daerah terpencil dapat diobati oleh spesialis, bahkan jika mereka berada di tempat yang sangat jauh, atau berada di belahan bumi yang lain.

“Anda bisa mendapatkan dokter terbaik di dunia untuk menangani kanker ibu Anda,” kata Kepala Bisnis Jaringan Generasi Berikutnya Samsung, Woojune Kim.

Video conference yang membuat Anda seolah berada di tempat sama

Beberapa percaya bahwa dengan adanya 5G, cara kita berkomunikasi akan menjadi lebih visual. Bayangkan berbicara dengan keluarga Anda dengan video yang sangat taajam, dengan resolusi sangat tinggi sehingga membuat Anda seolah-olah berada di samping mereka. Atau berlatih dengan rekan Anda – di rumah yang berbeda – melalui video. Ini tampak mudah, namun jaringan saat ini tidak menawarkan komunikasi real-time yang tepat. Selalu ada jeda, dan itulah yang membuat semua berantakan.

Gaya Hollywood menjadi kenyataan

Masih ingat dengan adegan dalam “The Amazing Spider-Man,” ketika Peter Parker membuka mesin pencari Bing dan menemukan informasi yang dicarinya tentang Dr Kurt Connors dengan sangat cepat? Halaman Web kita tidak pernah berjalansecepat itu sebelumnya. Halaman web biasanya butuh sekitar satu atau dua detik untuk memuat, bahkan dengan koneksi cepat sekalipun. Dengan 5G, hasil tersebut akan segera datang.

Atau, jika Anda ingin mengunggah dan mengunduh sebuah film, hanya akan butuh waktu 15 detik bagi Anda untuk merealisasikannya, dan bukannya 6 menit seperti yang Anda dapatkan dari 4G.

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Nokia dan Vivo Sepakati Perjanjian Lintas Lisensi Paten 5G

Telko.id - Nokia hari ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian paten lintas lisensi multi-tahun dengan vivo. Berdasarkan perjanjian tersebut, vivo akan melakukan pembayaran royalti kepada...

Telkomsel Bersama ITB Hadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

Telko.id – Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive. Kolaborasi Telkomsel...

FIFA U-17, Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G dan Paket Data Nonton Bola

Telko.id - Sebagai Official Tournament Supporter dalam gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, Telkomsel hadirkan jaringan 5G dan mengelurakan paket data Nonton Bola. Selain...