Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Masyarakat Indonesia Sudah Semakin Waspada Dengan Serangan Siber

Telko.id – Masyarakat Indonesia ternyata sekarang sudah semakin awas dengan kejahatan siber. Terlebih bagi yang sering menggunakan fasilitas digital atau online. Hal ini disampaikan oleh Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Lab Asia Pasifik untuk Indonesia ketika ditemui di Jakarta, Kamis (7/2).

“Masyarakat saat ini trend nya sudah lebih aware dengan kejahatan siber. Berdasarkan dari data penggunaan Kaspersky, juga terus meningkat dari tahun 2017 ke tahun 2018. Hanya saja saya tidak bisa buka angka nya. Selain itu, kontribusi media massa yang memberikan pemahaman tentang malware juga sangat membantu,” ujar Dony menjelaskan.

Hal ini juga, menurut Dony, pemahaman terhadap malware pada masyarakat berimbas pada pengamanan terhadap sistem data pribadinya. Walaupun, masih ada juga yang masih tidak peduli.

Tapi paling tidak yang sudah mulai membackup data pribadinya juga semakin banyak. Itu sudah sangat bagus.

Memang, masih ada juga yang tidak peduli bahwa data pribadi bisa saja dicuri padahal gadget atau smartphone selalu ada digenggamannya, dari bangun tidur sampai dia tidur lagi.

Dony menambahkan juga berdasarkan data yang ada, urutan Indonesia masih di posisi 62. “Paling tidak bukan yang di sepuluh besar dari negara yang paling rentan serangan siber,” ujar Dony.  Ini jug membuktikan bahwa masyarakat kini sudah mulai awas menghadapi ancaman siber.

Di urutan pertama ada Yaman dengan persentase serangan sebanyak 72,6%, disusul oleh Afghanistan dengan 71,7%. Sedangkan di urutan 3-5 ditempati oleh tiga negara pecahan Uni Soviet, yaitu Tajikistan (71,4%), Uzbekistan (69,8%), dan Kirgistan (69,8%).

Sedangkan untuk metode penyebaran virus malware, Dony mengungkapkan bahwa berbagai jenis hardware, seperti USB, CD, dan DVD, masih menjadi cara paling efektif bagi malware untuk menyusup ke perangkat.(Icha)

 

 

 

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) atau sering disebut juga dengan Erajaya Active Lifestyle mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis laptop seri Swift generasi terbaru Swift X 14 AI (SFX14-72G) dan Swift Go 14 AI...

Lenovo ThinkStation P8, Terinspirasi Oleh Aston Martin

Telko.id - Lenovo hari ini meluncurkan ThinkStation P8 di Indonesia, workstation baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan GPU NVIDIA...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini