Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

5 Konten Hoaks yang Bikin Heboh di Awal 2019

Telko.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) nampaknya masih belum bisa “nyantai” memasuki tahun 2019. Pasalnya, di awal tahun 2019 ini, dunia internet di Indonesia masih cukup banyak konten hoaks ditemukan bertebaran di dunia maya.

Dilansir Telko.id dari salinan laporan Subdit Pengendalian Konten Internet Kominfo pada Jumat (11/01/2019), pihak Kominfo mengatakan telah menemukan 5 konten hoaks, setidaknya hingga 10 Januari 2019.

Kominfo masih harus bekerja keras untuk menangkal peredaran berita palsu yang kian marak di Internet. Meningkatnya hoaks yang diproduksi orang-orang yang tak bertanggung jawab seiring semakin memanasnya suhu politik di Tanah Air.

Sasaran berita palsu juga masih kurang lebih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Seperti hoaks tentang Jokowi dan keluarganya, atau berita-berita palsu yang terkait bencana alam. Lalu konten hoaks apa saja yang dijumpai di awal tahun 2019?

Menurut Kominfo, 5 konten hoaks di awal tahun 2019 ini membahas mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hingga kondisi kesehatan Ustadz Arifin Ilham. Berikut 5 konten hoaks tersebut:

1. Isu 7 Kontainer Surat Suara di Tanjung Priok

Publik tengah dibuat heboh dengan isu adanya surat suara yang telah dicoblos sebanyak 7 kontainer di Tanjung Priok yang beredar sejak 02 Januari 2019.

{Baca juga: 5 Konten Hoaks Paling Berdampak di Tahun 2018}

Hoaks ini semakin memanas setelah beredar cuitan dari politikus Partai Demokrat, Andi Arief. Menanggapi kehebohan netizen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera membantah isu tersebut dan menyatakan bahwa berita itu adalah hoaks.

Bantahan juga disampaikan oleh Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi yang mengatakan, hingga saat ini belum ada surat suara untuk Pemilu 2019 yang dicetak. Alasan inilah yang membuatnya percaya diri untuk membantah tudingan Andi Arief.

“Sementara itu, setelah melakukan pengecekan ke Bea Cukai Tanjung Priuk, Ketua KPU, Arief Budiman pun turut memastikan berita tersebut adalah bohong,” ucap Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu.

2. Foto Kaesang Pangarep Mengibarkan Bendera PKI

Dunia sosial media dibuat heboh dengan beredarnya sebuah foto yang menampilkan sekelompok anak muda tengah membawa sebuah bendera besar yang memiliki gambar palu arit yang diidentikan dengan lambang PKI.

Dalam foto tersebut salah seorang anak muda yang berada di baris paling pinggir sebelah kanan diklaim sebagai sosok Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo.

{Baca juga: Kominfo Temukan 8 Berita Hoaks Gempa Sulteng}

“Faktanya (foto) tersebut tidaklah benar, sosok anak muda yang dimaksud dalam foto tersebut bukanlah Kaesang Pangarep sebagaimana yang dinarasikan dalam postingan,” tulis Ferdinandus dalam keterangannya.

Setelah ditelusuri ditemukan foto dengan lokasi dan latarbelakangn yang sama namun dengan formasi barisan yang berbeda dari sekelompok pemuda. Adapun Kaesang sendiri terlihat santai menanggapi berita palsu itu.

3. Rekaman Suara Adanya Potensi Gempa 8 SR di Krakatau

Sebuah rekaman suara yang menyebutkan informasi tentang adanya potensi Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) di Krakatau beredar melalui pesan WhatsApp dan membuat resah banyak masyarakat.

Dalam rekaman suara tersebut seseorang yang mengaku bernama Andre mengatakan bahwa ia telah mendapat kabar langsung dari sekda Provinsi Banten dimana dia mendapat data resmi dari BMKG.

Dalam rekaman itu ia mengatakan bahwa Gunung Krakatau akan ada letusan yang mengakibatkan gempa dalam waktu dekat. Belum tahu apakah hari ini atau beberapa hari ini atau beberapa minggu ke depan.

{Baca juga: Kominfo Pastikan Isu Penculikan di Tulungagung Hoaks}

Kabag Humas BMKG, Taufan Maulana segera angkat bicara dan menegaskan bahwa rekaman audio pendek sekitar 1 menit 34 detik yang memberitahukan bahwa terjadi letusan Gunung Anak Krakatau yang menghasilkan gempa dengan skala 8 SR di wilayah Lampung dalam waktu dekat adalah hoax.

4. Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia

Netizen dikejutkan dengan informasi yang menyebutkan Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia. Disebutkan bahwa kabar itu datang dari saudara sepupu Ustadz arifin Ilham bernama KH. Komarudin.

Faktanya, kabar itu hoaks. Klarifikasi ini disampaikan Muhammad Amer Azzikra dan Alvin Faiz yang tidak lain merupakan dua putra Ustadz Arifin Ilham melalui unggahan storynya di Instagram. Menurut mereka informasi mengenai kabar meninggalnya sang Ustaz adalah tidak benar alias hoaks.

“Adapun ustadz Arifin Ilham kini tengah dalam kondisi sakit dan sedang di rawat di Rumah Sakit,” tulis Ferdinandus.

5. Jokowi Pewaris Indonesia karena Cucu Sunan Kali Jaga

Telah beredar di media sosial Facebook dengan nama akun Cakrawala yang memposting sebuah gambar yang berisi narasi: “Menurut kyai Makruf, Jokowi keturunan Sunan Kali Jaga sudah sepantasnya mewarisi Indonesia.

{Baca juga: Waspada, 5 Hoax Lion Air JT 610 yang Ditemukan Kominfo}

Postingan tersebut menjadi viral karena sudah dibagikan lebih dari 1.280 kali saat gambar screenshot diambil. Setelah ditelusuri lebih lanjut tidak ditemukan judul berita seperti yang ada di sumber gambar dari sebuah media online. Selain itu, tidak ditemukan pernyataan KH Ma’ruf Amin seperti yang ditulis di akun tersebut.

Di laman Merdeka.com sendiri, hanya ditemukan berita dengan judul: “Ma’ruf Amin: Jika Jokowi Menang Akan Kami Wariskan Negara yang Maju Ini” dengan tanggal dan reporter yang sama. [NM/HBS]

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) atau sering disebut juga dengan Erajaya Active Lifestyle mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun...

Lenovo ThinkStation P8, Terinspirasi Oleh Aston Martin

Telko.id - Lenovo hari ini meluncurkan ThinkStation P8 di Indonesia, workstation baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan GPU NVIDIA...

Ericsson Bakal Pangkas 1.200 Pekerja di Swedia

Telko.id - Ericsson baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 1.200 karyawan di Swedia. Sebelumnya, tahun lalu, perusahaan juga sudah memberhentikan 8.500 staf, atau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini