Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Astronom Tangkap Sinyal Radio Misterius dari Luar Angkasa

Telko.id, Jakarta – Menurut penelitian yang diterbitkan majalah Nature, astronom telah menangkap serangkaian sinyal radio misterius dari galaksi di luar angkasa yang berjarak satu miliar tahun cahaya jauhnya.

13 ledakan sinyal radio ditangkap oleh teleskop di Dominion Radio Astrophysical Observatory di Kanada. Bahkan, salah satu sinyal diulang enam kali dari lokasi yang sama.

Sinyal yang biasa disebut sebagai fast radio bursts (FRB) itu, kemungkinan berasal dari bintang neutron yang bergabung atau bahkan alien.

Ledakan sinyal terakhir hanya satu milidetik dan terlempar keluar dengan jumlah energi yang sama seperti yang dihasilkan matahari dalam setahun.

Ini merupakan kedua kalinya sinyal radio yang berhasil ditangkap. Para ilmuwan meyakini, sinyal ini dapat memberikan petunjuk untuk mengungkap asalnya.

{Baca juga: NASA: Alien Sudah Kunjungi Bumi}

“Mengetahui bahwa ada (FRB) yang lain, menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak di luar sana. Dan dengan lebih banyak pengulang dan lebih banyak sumber yang tersedia untuk dipelajari, kita mungkin dapat memahami teka-teki kosmik ini. Dari mana mereka berasal dan apa yang menyebabkannya,” kata ahli astrofisika, Ingrid Stairs kepada Independent.

Menurut laporan dari Nature, sebelumnya ledakan sinyal radio berhasil ditangkap pada 2012 . Sinyal ini berasal dari galaksi berjarak 2,5 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Mayoritas FRB yang tertangkap menunjukkan tanda-tanda yang dalam ilmu fisika disebut “scattering,” sebuah fenomena yang mengungkapkan informasi tentang lingkungan tempat gelombang radio berasal, menurut Phys.org.

Baca juga: Ilmuwan Kirim Lagu untuk Alien, Apa Balasannya?

Masih menurut Nature, teleskop di observatorium Kanada yang menemukan sinyal terbaru ini mendeteksi frekuensi terendah FRB dengan panjang gelombang 400 megahertz.

Keberadaan makhluk asing di luar angkasa kabarnya memang mulai terdeteksi. Sebelumnya diberitakan Artificial Intelligence (AI) yang sengaja dibuat untuk menemukan bukti kehidupan di luar angkasa telah mendeteksi 72 sinyal misterius yang berasal dari luar angkasa.

Sistem yang dibangun oleh proyek Breakthrough Listen, menemukan spotted new fast radio bursts(FRBs) yang berasal dari ‘repeater’ FRB 121102 yang berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Biasanya, FRB tertangkap saat terjadi ‘outburst’ atau ledakan tunggal yang terjadi hanya sekali. Tapi repeater yang disebut FRB 121102 adalah satu-satunya sumber ledakan yang terjadi berulang-ulang, termasuk 21 ledakan yang terdeteksi pada tahun 2017.

Para ilmuwan tidak dapat menjelaskan asal-usul ledakan gelombang radio itu, tetapi mereka menduga itu disebabkan oleh bintang neutron, lubang hitam supermasif atau kemungkinan teknologi yang dibangun oleh peradaban alien yang sudah maju.

{Baca juga: AI Pemburu Alien Deteksi Puluhan Sinyal Misterius}

Sinyal terdeteksi dengan menggunakan AI untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan oleh Green Bank Telescope di West Virginia. Semua ledakan dihasilkan selama satu jam, menunjukkan bahwa sumber bergantian antara periode diam dan aktivitas hiruk pikuk.

“Tidak semua penemuan berasal dari pengamatan baru,” kata Direktur EksekutifBreakthrough Initiatives, Pete Worden. [BA/HBS]

Sumber: NY Post

Latest

Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445H, Smartfren Perkuat Jaringan

Telko.id - Menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1445...

Telkomsel Proyeksikan Lonjakan Trafik Hingga 15,22% Saat RAFI 2024

Telko.id - Telkomsel juga berupaya memastikan kenyamanan komunikasi dan...

Telkomsel Gelar Program ‘Telkomsel Sambungkan Senyuman’ Selama RAFI 2024

Telko.id – Sebagai upaya menciptakan dan menggerakkan dampak sosial...

Acer Indonesia Hadirkan Dua Laptop AI, Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI

Telko.id - Acer Indonesia hari ini (27/3) resmi merilis...

Rekomendasi

Lenovo ThinkStation P8, Terinspirasi Oleh Aston Martin

Telko.id - Lenovo hari ini meluncurkan ThinkStation P8 di Indonesia, workstation baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO 7000 WX-Series dan GPU NVIDIA...

Ericsson Bakal Pangkas 1.200 Pekerja di Swedia

Telko.id - Ericsson baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memberhentikan sekitar 1.200 karyawan di Swedia. Sebelumnya, tahun lalu, perusahaan juga sudah memberhentikan 8.500 staf, atau...

Food For Good, Cara Sharp Indonesia Ajak Masyarakat Sedekah

Telko.id - Program Sharp Bersedekah kembali menjumpai konsumen Sharp di wilayah Jakarta, Sharp Bersedekah merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) Sharp Indonesia yang digelar...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini