Cuitan Miliarder asal Jepang Pecahkan Rekor Retweet

0

Telko.id, Jakarta – Unggahan miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa memecahkan rekor retweet. Cuitannya paling banyak dicuit ulang oleh pengguna Twitter. Jumlah pengguna yang melakukan retweet mencapai jutaan orang.

Semua berawal ketika sang miliarder mengumumkan akan bagi-bagi hadiah berupa uang senilai total 100 juta yen atau sekira Rp 13 miliar kepada 100 orang. Caranya, mereka cukup mencuit ulang unggahan Maezawa.

Pemenang akan dihubungi melalui pesan langsung di Twitter tak setelah kompetisi berakhir. Selasa (8/1), unggahannya langsung mendapat respon luar biasa dari warganet.

Seperti dikutip Telko.id dari Mashable, Selasa (08/01/2019), cuitan Maezawa telah dicuit ulang sebanyak 5,6 juta kali sejak diunggah pada  5 Januari 2019 lalu.

Dalam cuitannya, Maezawa mengatakan bahwa kompetisi tersebut merupakan perayaan atas capaian e-commerce Zozotown miliknya yang berhasil meraup penjualan sebesar 100 miliar yen atau sekitar Rp 13 triliun.

{Baca juga: Cuitan Twitter untuk iOS Tampil Sesuai Kronologi}

Unggahan Maezawa mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh seorang remaja bernama Carter Wilkerson. Pada 2017 lalu, Wilkerson meminta 18 juta retweet.

Unggahannya telah dicuit ulang sebanyak 3,5 juta kali oleh netizen. Meski gagal, Wilkerson tetap mendapatkan nuget dari restoran cepat saji sebagai hadiah kicauan paling banyak dicuit ulang oleh para pengikut.

Rekor Wilkerson memecahkan catatan yang sebelumnya dipegang oleh MC kondang asal Amerika Serikat, Ellen DeGeneres. Swafoto Ellen bersama para aktor dan aktris pada Oscar 2014 mendapat 3,3 juta retweet.

Nama Yusaku Maezawa jadi mendunia setelah SpaceX mengungkapkan penumpang pertamanya ke Bulan. Kekayaannya tidak main-main, karena ia juga turut membiayai para seniman yang akan ia bawa pada perjalanan tersebut.

Maezawa merupakan pendiri Zozotown, butik online terbesar di Jepang. Pria 42 tahun ini menyebutkan bahwa ia dulu seorang skateboarder dan tertarik dengan budaya Amerika.

Setelah menghabiskan enam bulan di Amerika Serikat, ia kembali ke Jepang dan mulai merintis band bernama Switch Style, dan berperan sebagai pemain drum. Kemudian di tahun 1998, ia mendirikan bisnis pesanan lewat pos bernama Start Today sebelum ia berpindah platform ke online.

Baca Juga: Miliarder Jepang jadi Penumpang Pertama SpaceX ke Bulan

Popularitas band Switch Style makin meningkat lewat lagu-lagu mereka yang ber-genre punk rock. Seiring kepopuleran band-nya, Dalam sebuah wawancara, ia menyatakan bahwa dirinya tetap memimpin Start Today sampai meraih kesuksesan.

Merasa tak mampu menjalani keduanya, akhirnya dia memutuskan untuk keluar dari Switch Style dan fokus pada bisnis online-nya. Ide bisnis Maezawa berlanjut pada tahun 2004, ketika dirinya meluncurkan butik online bernama Zozotown. [SN/HBS]

Sumber: Mashable

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.