The NextDev

Telko.id – The NextDev Talent Scouting 2020 umumkan Komerce sebagai startup Berdampak Sosial Terbaik. Pengumuman pemenang tersebut dilakukan dalam babak Grand Final National Pitching yang digelar secara daring pada 28 Januari 2021, sekaligus menutup rangkaian penyelenggaraan program The NextDev Talent Scouting 2020. 

 Selanjutnya, seluruh finalis pada Grand Final National Pitching yang berjumlah 12 startup akan mengikuti program lanjutan yaitu The NextDev Academy 2021 untuk mengembangkan upaya dampak sosialnya.

“Telkomsel mengucapkan selamat atas keberhasilan Komerce serta apresiasi bagi seluruh startup yang telah menampilkan ide-ide terbaiknya pada The NextDev Talent Scouting 2020. Telkomsel bersyukur dapat terus konsisten membangun perkembangan ekosistem digital di Indonesia melalui program The NextDev selama lima tahun terakhir ini,” ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel dalam Grand Final National Pitching The NextDev Talent Scouting 2020 menjelaskan. 

Setyanto pun menambahkan bahwa melalui ajang ini Telkomsel memfasilitasi para pemain industri kreatif digital untuk saling berkolaborasi dan memaksimalkan potensi digital untuk menghadirkan solusi berdampak positif yang dapat membuka segala kemungkinan bagi masyarakat.

Baca juga : The NextDev Summit 2020 Hadir Demi Perubahan Industri Kreatif Digital

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI Widodo Muktiyo mengatakan, “Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Telkomsel yang sudah peduli dengan bangsa dan generasi muda. Indonesia akan menjadi bangsa yang besar, termasuk dari kekuatan startup, sehingga upaya ini dapat menunjukkan kemampuan generasi muda sebagai pahlawan digital yang mampu mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air”. 

Oleh sebab itu, Widodo pun berharap semua pihak dapat mengoptimalkan peran digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dari segi bisnis, sosial, dan kemanusiaan, sebagai peluang yang bisa dimaksimalkan bersama generasi muda.

The NextDev Talent Scouting sendiri merupakan kompetisi nasional bagi early-stage startup berdampak sosial positif yang mampu menjadi penguat ekosistem digital di Indonesia melalui implementasi teknologi di sektor yang lebih luas. Pada edisi kali ini, ajang ini terbagi ke dalam empat kategori vertikal, yaitu EnviroTech For Better Planet, The Borderless Digital Economy, HealthTech Innovation, dan EdTech for All

Tiap kategori dirancang berdasarkan Sustainable Development Goals dari PBB agar ajang ini dapat membentuk startup yang mampu menyediakan solusi berbasis teknologi terkini terhadap tiap tantangan fundamental di tengah masyarakat.

Ajang ini resmi dibuka pada November 2020 dan diikuti oleh 282 early-stage startup yang telah disaring secara bertahap hingga menghasilkan 12 nama startup yang bersaing di fase Grand Final National Pitching. Di babak ini, Duitin (EnviroTech For Better Planet), Komerce (The Borderless Digital Economy), DocLink (HealthTech Innovation), dan Parakerja (EdTech for All) menjadi yang terbaik di kategorinya masing-masing dan berhak mendapatkan dana hibah sebesar Rp10.000.000.

Semua startup finalis ajang mengikuti beberapa tahapan pitching, seperti pada Top 12 yang dinilai oleh panel juri Denny Abidin (VP Corporate Communications Telkomsel), Stella Tambunan (CEO YCAB Ventures), Gibran Huzaifah (CEO E-Fishery), dan Yoris Sebastian (Co-Founder Inspigo.id). Kemudian pada tahap Top 4 untuk menentukan Best of the Best Startup, panel juri yang memberi penilaian meliputi Setyanto Hantoro (Direktur Utama Telkomsel), Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf RI), Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Group), Veronica Colondam (CEO YCAB Foundation), dan Antonie de Carbonel (CCO Gojek). 

Berdasarkan penilaian dewan juri tersebut, Komerce terpilih sebagai Best of the Best Startup dan berhak membawa pulang dana hibah sebesar Rp100.000.000. Tidak ketinggalan, terdapat pula kategori Most Favorite Startup dengan hadiah sebesar Rp10.000.000 yang dimenangi oleh Meyer Food berdasarkan pemungutan suara dari netizen di media sosial The NextDev.

“Dengan adanya inisiatif The NextDev, diharapkan para talenta digital yang sedang membangun usaha rintisan atau startup tidak patah semangat dan terus dapat terlibat dalam perkembangan sektor ekonomi kreatif dengan penggunaan teknologi digital yang dapat membuka berbagai peluang untuk kemajuan bangsa Indonesia. Semoga kedepannya, Telkomsel dan para startup binaan The NextDev dapat menciptakan ekosistem yang mampu meningkatkan kontribusi nilai tambah ekonomi digital kreatif, sehingga memperbesar peluang Indonesia dalam persaingan ekonomi global,” tutup Setyanto.

Selanjutnya, semua startup finalis The NextDev Talent Scouting 2020 akan mengikuti The NextDev Academy, ajang pengembangan startup teknologi berdampak sosial positif dengan kurikulum komprehensif serta bimbingan mentor terbaik, yang akan kembali diselenggarakan pada tahun ini. Informasi lebih lanjut mengenai The NextDev dan seluruh inisiatifnya dapat diakses di thenextdev.id dan media sosial di @thenextdev. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.