Ternyata, Kepribadian Orang Terdeteksi dari Accelerometer Smartphone

Telko.id, Jakarta – Mayoritas smartphone yang beredar saat ini dilengkapi dengan sensor accelerometer. Sensor ini bertujuan untuk mendeteksi gerakan smartphone, dan biasanya digunakan bagi pengguna yang ingin menggunakan smartphone di posisi landscape ataupun portrait.

Namun baru-baru ini, peneliti menemukan potensi bahwa sensor ini bisa mengungkapkan jenis kepribadian pengguna.

Dilansir Telko.id dari Ubergizmo, Jumat (26/07/2019), peneliti dari Royal Melbourne Institute Technology (RMIT) Australia menemukan bahwa sensor tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk memprediksi 5 ciri kepribadian utama.

Ciri kepribadian didapatkan berdasarkan data seberapa jauh pengguna berjalan, seberapa sering kita mengangkat telepon di malam hari, dan sebagainya. Orang yang menyenangkan cenderung memiliki pola aktivitas yang lebih acak dan cenderung sibuk pada akhir pekan.

{Baca juga: Hati-hati! Hacker Tipu Pengguna Smartphone Pakai E-mail}

Mereka juga menemukan bahwa wanita yang memiliki sifat sensitif sering mengangkat telepon di malam hari. Sementara pria yang juga diklasifikasikan sebagai sensitif melakukan sebaliknya.

Selain untuk menentukan karakter, data di accelerometer juga dapat digunakan untuk rekomendasi teman atau bahkan iklan yang ditargetkan bagi pengguna.

Ini adalah penelitian yang menarik, tapi karena ukuran sampel penelitian ini hanya 52 peserta, sehingga mungkin tidak harus seakurat yang diharapkan. Penelitian mengenai smartphone dan kepribadian pengguna bukan pertama kali dilakukan.

Awal tahun lalu sebuah penelitian menilai ada 4 cara memegang smartphone dan artinya. Pertama pegang smartphone dengan satu tangan biasa digunakan oleh mereka yang memiliki kepribadian yang kuat.

{Baca juga: Baca Karakter dari Cara Orang Megang Smartphone, Kok Bisa?}

Untuk urusan asmara, orang yang biasa memegang smartphone dengan satu tangan biasanya tidak mudah menyerah. Orang ini juga akan sekuat tenaga mempertahankan orang yag dicintainya, dan tak akan melepaskannya.

Sedangkan memegang smartphone dengan dua tangan dan mengetik dengan dua ibu jari biasanya merupakan orang yang sangat berbakat, penuh kreativitas dan suka berimajinasi. (NM/FHP)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.