Telstra Jadi Operator Berikutnya yang akan Ujicoba 5G di 2018

Telko.id – Satu lagi operator seluler yang mengurai rencananya tentang 5G, dan dia adalah Telstra. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Australia ini berencana untuk menggelar ujicoba teknologi penerus 4G pada 2018 mendatang, atau bertepatan dengan Commonwealth Games.

Dalam ajang Mobile World Congress yang saat ini tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol, Direktur Jaringan Telstra, Mike Wright mengatakan bahwa percobaan ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana kinerja hardware radio 5G di lapangan.

Dia mengatakan Telstra tidak berencana untuk mengujicoba perangkat 5G komersial, melainkan lebih ke chipset 5G. Dan perusahaan akan terus menyempurnakan itu ke depannya.

Untuk mewujudkan niatnya ini, Telstra akan menggandeng Ericsson sebagai partner, termasuk mengirim insinyur ke Swedia selama enam bulan untuk berkolaborasi mengenai teknologi gelombang milimeter (mmWave) dalam persiapan untuk uji lapangan 5G di Australia akhir tahun ini.

Telstra juga akan berpartisipasi dalam proses standarisasi 5G untuk memastikan bahwa generasi berikutnya dari teknologi mobile ini memenuhi kebutuhan unik dari Australia, sebuah pasar yang berkembang namun jarang penduduknya.

Selain itu, Telstra juga mengumumkan akan menyebarkan awan telekomunikasi Ericsson, virtualisasi jaringan inti nirkabel dalam kesiapan untuk 5G dan layanan Internet of Things (IoT) yang lebih maju.

“Telstra akan menjadi lead costumer kami dan salah satu perusahaan telekomunikasi pertama di dunia yang akan melakukan virtualisasi pada jaringan intinya,” ungkap Emilio Romeo, bos Ericsson untuk Australia dan Selandia Baru.

Berdasarkan kesepakatan itu, Ericsson akan menyediakan seluruh telekomunikasi cloud yang mencakup fungsi jaringan virtualisasi (NFV) dan software-defined networking (SDN). Demikian dilansir dari Total Telecom, Senin (22/2).

Romeo mengatakan Telstra akan memiliki jaringan tangkas yang sepenuhnya diprogram, yang siap 5G dan mendukung network slicing, di mana jaringan fisik tunggal dibagi dalam beberapa jaringan virtual dengan kapasitas dan cakupan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan individu untuk beragam kasus penggunaan.

TERBARU

Demi Kurangi Hoaks, BRTI Larang Penjualan BTS Palsu Atau SMS Blaster

Telko.id - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta semua pihak untuk berhenti memperdagangkan ataupun menggunakan perangkat sejenis penyebar SMS palsu. Perangkat dimaksud mampu pula...

BAKTI dan Indosat Sepakat Memaksimalkan Layanan Palapa Ring

Telko.id - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI) dan Indosat, melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pemanfaatan Layanan Palapa Ring. Penandatangan...

Asus Exclusive Store Buka di Lippo Mall Puri

Telko.id, Jakarta  – Asus kembali membuka “Asus Exclusive Store” di Lippo Mall Puri Jakarta. Ini adalah outlet kedua yang ada di Jakarta, dan keempat...

Bisnis Go-Food Sumbang Rp 18 triliun Pada Perekonomian Indonesia

Telko.id – Laper, Go-Food aja. Itu kalimat yang sering terdengar saat ini. Maklum saja, Go-Food sebagai salah online food delivery di Indonesia sudah berkembang...

Di Jepang Ada Museum Robot Lovot yang Jadi “Teman Curhat”

Telko.id, Jakarta – Groove X membuka Museum Lovot di Tokyo Jepang untuk kesempatan bagi para calon pembeli untuk lebih dekat dengan robot Lovot.Para calon...

Qualcomm dan Tencent Kembangkan AI untuk Gaming

Telko.id, Jakarta – Qualcomm mengumumkan kerja sama dengan Tencent saat berlangsung acara Qualcomm AI Day yang digelar di Shenzen, China, beberapa hari lalu. Mereka akan...