Telko.id – Telkomsel sebagai salah satu operator di Indonesia menunjuk Ericsson untuk menyediakan jaringan inti (core network) teknologi seluler generasi kelima, atau 5G. Teknologi yang digunakan adalah Virtualized Evolved Packet Core dan Ericsson Cloud Packet Core.

Teknologi tersebut memungkinkan Telkomsel untuk meningkatkan kecepatan, efisiensi dan kelincahan untuk bisnisnya saat ini dan untuk peluang di masa depan.

Dengan meningkatnya kecepatan Radio Access Network (RAN) dan meningkatnya kebutuhan akan latensi rendah, penyedia layanan juga menghadapi kebutuhan untuk mengembangkan jaringan inti menjadi arsitektur maju dan fleksibel yang mencakup distribusi ke tepi jaringan.

Penyebaran solusi NFVI (Infrastruktur Fungsi Virtualisasi Infrastruktur) Ericsson, bersama-sama dengan Ericsson Cloud Packet Core, merupakan langkah signifikan menuju menjadikan jaringan Telkomsel 5G-ready.

“Solusi cloud akan membantu memenuhi permintaan yang meningkat akan layanan jaringan baru untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi,” ungkap Ivan C Permana, Wakil Presiden, Manajemen Jaringan Cloud, Telkomse.

Ivan pun menambahkan,” Solusi NFVI Ericsson siap untuk teknologi 5G dan IoT, yang akan berguna bagi semua operator dan pelanggan perusahaan. Manfaat 5G akan berkisar dari berkurangnya waktu transfer data, pemotongan jaringan khusus hingga distribusi optimal kemampuan inti jaringan. ”

“Sebagai platform utama untuk 5G Core, solusi NFVI dan Cloud Packet Core kami akan membantu memenuhi kebutuhan pelanggan Telkomsel yang terus berkembang dan memungkinkan penyebaran cepat kasus penggunaan baru dan solusi inovatif di masa depan,” ujar Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia.

Soper menyakini bahwa kekuatan teknologi terdepan dari kemampuan jaringan inti Ericsson akan terus menarik perhatian penyedia layanan secara global saat mereka mengubah jaringan mereka menjadi 5G dan IoT. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.