Categories: DEVICE
| On 3 weeks ago

Teknologi Dibalik Kamera Oppo Reno, Ada yang Beda?

Telko.id, Jakarta – Menjadi versi reguler dari Oppo Reno series tidak lantas membuat Reno tertinggal jauh dari saudaranya. Memang, ada beberapa fitur yang tidak dimilikinya, namun perangkat yang dijual di harga Rp7 jutaan ini masih tetap dibalut sejumlah teknologi menarik. Tak terkecuali di bagian kamera.

Paling tidak, inilah yang coba ditekankan sang CEO, Ivan Lau, beberapa waktu lalu. “Dengan fitur-fitur fotografi dan kekuatan performanya, kedua varian Oppo Reno Series akan menginspirasi pengguna untuk melihat hal dari berbagai sudut pandang berbeda,” katanya dalam acara peluncuran yang berlangsung di Jakarta.

Nyatanya, meski tak memiliki kemampuan zoom lossless seperti saudaranya, Oppo Reno tetap bisa diandalkan sebagai penjepret ulung. Di badannya tetap ada lensa primer 48 MP, pun demikian sensor Sony IMX586 dengan aperture f/1.7 dan lensa depth 5MP aperture f/2.4.

{Baca juga: Foto Suasana Kota Tua Menggunakan Kamera Oppo Reno}

Dari segi kualitas, sensor Sony IMX586 48 MP-nya sendiri sudah cukup mengesankan, ditambah aperture f/1.7, panjang fokus 26mm dan ukuran piksel 0,8 μm. Resolusi setinggi ini memungkinkan kamera smartphone menghasilkan foto berkualitas tajam meski menggunakan fitur zoom digital. Dan ya, sangat ideal untuk foto landscape.

Namun demikian, tidak seperti keberadaannya di Reno 10x Zoom, di versi reguler kita tidak akan menemukan OIS (optical image stabilization). Sementara untuk perekaman 4K, jika di 10x Zoom bisa mencapai 60fps, di Reno hanya 30fps.

Bicara soal fitur, Oppo juga masih membekali Reno dengan apa yang dipanggil Ultra Night Mode. Bedanya kali ini sedikit lebih baik, dengan embel-embel 2.0 di belakangnya.

Ya, ultra night mode pada F11 series dan Ultra Night Mode 2.0 pada Reno membawa perbedaan signifikan terutama pada bagian minim noise, highlight dan shadow serta warna yang lebih cerah. Ultra night mode akan mengambil waktu 4 sampi 5 detik saat melakukan pengambilan gambar. Pada saat mengambil foto Ultra High Definition, Reno akan mengambil komposisi 5 foto dengan perbedaan exposure untuk menjadikan foto malam lebih jernih.

Oppo juga memiliki fitur face protection dimana saat melakukan foto Ultra Night Mode akan memisahkan wajah dengan background setelah melakukan optimalisasi warna kulit untu menghasilkan foto yang lebih realistik.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Selain sensor Sony IMX586, lensa utama 48 MP, dan Ultra Night Mode 2.0, hal lainnya yang membuat Oppo Reno tak kalah dari saudaranya adalah kamera depan 16 MP, yang memiliki aperture f/2.0. Ada juga LED flash yang menghadap ke depan.

Secara spesifikasi, Oppo Reno mengusung spesifikasi dan dapur pacu berperforma dan mumpuni. Smartphone ini punya layar berjenis OLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 6, dan mendukung sensor sidik jari di dalamnya dengan respon yang cepat.

Di bawah layar, kita akan menemukan prosesor octa-core 2.2 GHz Snapdragon 710, RAM 6GB, ROM 256GB, dan baterai berkapasitas 3,765 mAh dengan VOOC 3.0. Oppo Reno dijual dengan harga Rp 7,9 jutaan, dan telah dijual perdana pada 21 Juni lalu.