Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 4 months ago

Taksi Robot Tesla Beroperasi Mulai 2020

Telko.id, Jakarta – Tesla akan menghadirkan taksi robot, yang diklaim sebagai bisnis transportasi berbasis teknologi masa depan. Tesla sudah mulai mengembangkan taksi robot sejak 2016, dan akan mulai mengoperasikannya pada tahun 2020 mendatang.

“Saya merasa optimistis bahwa tahun depan mulai beroperasi taksi robot dari Tesla,” kata CEO Tesla, Elon Musk, seperti dikutip Telko.id dari TechCrunch, Selasa (23/4/2019).

Ia menggadang, tahun depan Tesla bisa memperoleh persetujuan dari pemerintah guna merealisasikan rencana itu. Ia bilang, taksi otonom ini akan hadir di kawasan-kawasan yang membutuhkan sarana transportasi efektif.

{Baca juga: Fitur Autopilot Tesla Ternyata Gampang Ditipu, Ini Buktinya}

Nantinya, Tesla membuka peluang bagi para pemilik kendaraan untuk menjadi mitra. Caranya, cukup mendaftarkan diri melalui aplikasi, yang kemungkinan besar bakal mengadopsi model bisnis seperti Uber atau Airbnb.

Menurut Elon Musk, perusahaannya akan mengambil komisi sebesar 25 persen sampai 30 persen dari pendapatan setiap perjalanan mitra. Lain hal, di tempat-tempat tak banyak terdapat mitra, mereka akan menyediakan armada khusus taksi robot.

Sekadar informasi, semua unit baru yang sekarang diproduksi ini sudah menggunakan chip self-driving alias otonom. Chip tersebut memenuhi persyaratan perangkat keras untuk keperluan mobil otonom seperti taksi robot.

Raksasa teknologi dari Amerika Serikat ini mengandalkan kamera pemantau dan Lidar atau Light Detection and Ranging untuk teknologi kendaraan tanpa pengemudi.

{Baca juga: Elon Musk Tambahkan ‘Mode Anjing’ di Mobil Tesla}

“Tahun depan, kami pasti  akan memiliki lebih dari satu juta taksi otonom bertenaga robot di jalananan,” pungkas Musk. [SN/HBS]

Sumber: Techcrunch