Solusi IoT Telkomsel

Telko.id – Transformasi digital kini sudah menjadi wajib setiap perusahaan agar bisa bertahan. Terlebih ketika masa pandemic ini menjadi momen untuk beralih ke digital. Alfamart memilih untuk menggunakan solusi IoT Telkomsel untuk mentransformasi jaringanoperasional wide area network (WAN) milik nya melalui solusi IoT Managed Service Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Implementasi Managed Service SD-WAN  dari solusi IoT Telkomsel akan membantu Alfamart meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja dengan tetap menjaga efisiensi biaya operasional selama masa pandemi hingga kondisi new normal yang akan segera dihadapi. Hal ini menjadi salah satu bukti pemanfaatan teknologi IoT untuk membantu dunia usaha dalam beradaptasi sekaligus menjaga produktivitasnya dengan aman dan efisien dalam segala situasi dan kondisi.

Dharma Simorangkir, Senior Vice President Telkomsel Enterprise mengatakan, Telkomsel sebagai leading digital telco company ingin menjadi bagian dalam upaya transformasi digital Alfamart untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui implementasi teknologi berbasis digital terdepan dan andal untuk optimasi operasional perusahaan.

Baca juga : Telkomsel Dan PMI Gunakan Solusi IoT Untuk Tanggulangi COVID-19

“Kami juga melihat langkah strategis ini dapat mengakselerasi digitalisasi lintas sektor yang akan memperkuat komitmen Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0,” ungkapnya.

Direktur International Business & Technology Alfamart, Bambang Setyawan Djojomengatakan, “Dalam beberapa tahun terakhir, Alfamart tengah berupaya melakukan transformasi digital di lebih dari empat belasribu gerai kami yang tersebar di seluruh Indonesia. Kolaborasi bersama Telkomsel kali ini memperkuat semangat kami untuk terus memperluas digitalisasi di dalam operasional perusahaan secara berkelanjutan, sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Kami percaya, kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi Alfamart, namun juga akan berdampak positif bagi industri retail di Indonesia melalui peningkatan kualitas layanan hingga pengembangan infrastruktur yang semakin menunjang efisiensi dan produktivitas.”

Managed Service SD-WAN dari solusi IoT Telkomsel mampu mentransformasi infrastruktur WAN yang dikelola Alfamart dengan menghubungkannya ke sistem cloud, sehingga sistem operasional jaringannya dapat terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end. Selain itu, solusi SD-WAN ini juga dilengkapi dengan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) yang memungkinkan perangkat keras di dalam lingkup WAN yang telah dimiliki oleh Alfamart dapat terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud sehingga meminimalkan terjadinya kendala teknis oleh para pekerja.

Solusi IoT Telkomsel

Menurut General Manager IoT Smart Connectivity – Alfian Manullang, setidaknya ada empat manfaat utama yang ditawarkan oleh solusi Managed Service SD-WAN bagi Alfamart. Pertama, solusi tersebut membuat perangkat keras yang digunakan di gerai atau kantor cabang Alfamart dapat tersambung langsung ke data center pusat perusahaan melalui cloud, sehingga tidak membutuhkan data center penghubung lagi seperti pada WAN konvensional.

Kedua, Alfamart tidak perlu lagi menggunakan leased line dalam menghubungkan data center pusat, hub data center, dan gerai atau kantor cabang.

Ketiga, koneksi langsung antara data center pusat dengan perangkat keras di gerai atau kantor cabang juga dapat membuat Alfamart menghindari gangguan teknis pada hub data center yang mampu mengganggu operasional secara luas.

Sedangkan manfaat keempat adalah seluruh pengelolaan manajemen solusi SD-WAN yang akan dilakukan oleh Telkomsel, sehingga Alfamart tidak perlu lagi menjalankan pengendalian perangkat hingga pengamanan jaringan secara mandiri yangtentunyamembutuhkan biayaoperasionalyang tinggi. Keseluruhan manfaat ini akan menghadirkan sistem operasional terpadu yang lebih efisien dan efektif, yang akan meningkatkan produktivitas Alfamart secara keseluruhan.

Alfamart sendiri kini memiliki lebih dari empat belas ribu gerai di seluruh wilayah Indonesia, sehingga pemanfaatan Managed Service SD-WAN  dari Telkomsel IoT akan membantu manajemen trafik jaringan di setiap gerai Alfamart dengan lebih efisien.

Pemanfaatan SD-WAN di wilayah pelosok akan membantu Alfamart untuk mengintegrasikan jaringan leased lineyang sebelumnya membutuhkan proses lebih rumit dan waktu lebih lama. Sedangkan di kota-kota besar, implementasi SD-WAN akan membantu Alfamart mengatur trafik jaringan dengan menggunakan teknologi broadband4G LTE maupun kombinasi broadband denganleased line.

“Sampai saat ini dari 14 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia itu, baru 30% yang sudah mengimplementasikan Managed Service SD-WANdari Telkomsel IoT. Dan, akan terus bertambah hingga semua gerai Alfamart akan menggunakan solusi tersebut. Ini hanya masalah waktu. Kemarin itu sempat terhenti karena adanya Covid-19. Sekarang sudah mulai lagi,” ungkap Bambang.

4G LTE di jaringan SD-WAN memainkan peran penting dalam meningkatkan operasi bisnis dan komunikasi melalui jalur yang beragam dan penyediaan yang cepat. Hal tersebut memainkan peran penting dalam percepatan implementasi dan penghematan biaya hingga 50% dibandingkan dengan koneksi tradisional. Selain itu, teknologi 4G LTE adalah satu-satunya alternatif yang bisa digunakan dimanapun lokasi sistem operasional berada. (Icha)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.