Telko.id – Perusahaan jasa keuangan di seluruh dunia saat ini tengah mengalami tekanan dalam mengembangkan bisnis mereka dengan menambahkan layanan digital baru yang mudah digunakan oleh konsumen, termasuk lebih banyak pilihan akses mobile, sambil tetap meminimalkan risiko dan mempertahankan kesesuaian.

Sementara itu, sebagai penyedia global manajemen data dan platform analitik, Cloudera mengumumkan bahwa semakin banyak perusahaan jasa keuangan yang beralih ke Cloudera Enterprise sebagai penopang hub data enterprise untuk mendukung upaya transformasi digital.

Cloudera sendiri menyediakan manajemen data dan platform analisis modern yang dibangun atas teknologi-teknologi open source terbaru

Solusi software big data milik Cloudera ini membantu perusahaan-perusahaan keuangan berbasis informasi dalam meningkatkan pendapatan, sekaligus pada saat yang sama menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Solusi Cloudera juga memungkinkan kemampuan deteksi penipuan yang canggih dan memastikan bahwa perusahaan keuangan mematuhi peraturan-peraturan pemerintah.

“Perusahaan-perusahaan jasa keuangan menghadapi berbagai macam tantangan yang harus dihadapi seiring mereka bergerak menuju transformasi digital, termasuk di antaranya pengalaman pelanggan, fragmentasi, keamanan, privasi, dan kualitas data. Mereka juga harus menarik pelanggan-pelanggan generasi baru yang menuntut perusahaan jasa keuangan untuk menawarkan lebih banyak layanan melalui berbagai kanal,” ungkap Steve Totman, penggiat big data dan Industry Leader, Financial Services di Cloudera.

Ia juga menuturkan, bahwa pihaknya telah melihat sebuah permintaan yang besar akan solusi ini. “Kami telah melihat permintaan yang besar terhadap hub data enterprise Cloudera dari perusahaan-perusahaan keuangan yang perlu mengatasi tantangan-tantangan bisnis yang kompleks tersebut, serta memungkinkan analitik yang lebih cepat dan akurat, sekaligus mematuhi peraturan dan praktik-praktik keamanan dan tata kelola yang diwajibkan.” tambahnya.

Sampai dengan saat ini, Cloudera sendiri telah bekerja sama dengan lebih dari 180 perusahaan keuangan global terkemuka, termasuk Allstate, Bank Mandiri, Credit Suisse,DBS Bank, Markerstudy, Nordea, Northern Trust dan Royal Bank of Scotland guna mewujudkan nilai bisnis dalam tiga area utama yakni Wawasan Pelanggan, Pendeteksi Penipuan dan KeamananCyber serta Risiko dan Kesesuaian.

Dalam setiap kasus penggunaan tersebut, para pelanggan memilih platform Cloudera karena kepiawaiannya, dan sebagai landasan untuk mentransformasi proses yang telah ada melalui mesin pembelajaran/artificial intelligence dan model prediktif.

Di industri jasa keuangan, model scoring memastikan bahwa perusahaan dapat mengeliminasi risiko dan mendeteksi penipuan secara lebih cepat dan lebih pintar dengan memanfaatkan sejumlah besar data guna melatih sistem mereka.

Sekedar informasi, Perusahaan jasa keuangan yang mengadopsi manajemen data modern dan platform analitik untuk memastikan bahwa data mereka aman, mudah diakses dan sesuai dengan regulasi industri terbaru. Saat ini, 19 dari 30 bank yang tergolong dalam global systemically important bank (G-SIB) menggunakan Cloudera untuk memperoleh wawasan mendalam dari data mereka.

Salah satunya adalah Muhamad Guntur, SVP Enterprise Data Management, Bank Mandiri, mengungkapkan bahwa merek telah berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman di srluruh touch point mereka.

“Kami telah berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman bagi nasabah kami di seluruhtouchpoint dan memanfaatkan big data merupakan bagian penting untuk mencapai hal tersebut. Seiring perusahaan kami semakin kaya akan data, kami membutuhkan mitra teknologi yang akan membantu kami dalam memperoleh makna dan nilai bisnis sesungguhnya dari kekayaan data ini. Solusi big data Cloudera ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menciptakan pengalaman perbankan yang lebih mengesankan bagi nasabah kami dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Cloudera dalam mewujudkan hal tersebut menjadi kenyataan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.