Serunya Belajar Jadi ‘Tech Reviewer’ Bareng Sobat Telset

Telko.id, Jakarta –  Mencoba smartphone keluaran terbaru selalu menarik. Orang kini banyak yang ingin bisa “mengoprek” gadget. Untuk itu, pada akhir pekan ini, Telko.id bersama Samsung menggelar acara seru dengan tajuk “Tech Reviewer Workshop “.

Selama ini banyak orang yang beranggapan kalau menjadi seorang tech reviewer itu sulit. Pasalnya, banyak yang berpikir, seorang tech reviewer hanya bisa dilakukan oleh seorang lulusan sekolah IT yang jago coding. Padahal sebenarnya tidak juga.

Demikian disampaikan oleh Bayu Sadewo, selaku Pemimpin Redaksi Telko.id saat membuka acara Tech Reviewer Workshop yang digelar di Twin Plaza Jakarta, Sabtu (27/7/2019). Acara ini diikuti oleh Komunitas Sobat Telset dan Samsung Member Community.

“Sebenarnya reviewer gadget bisa siapa saja. Tapi untuk menjadi seorang reviewer, memang tidak bisa instan. Hal terbaik adalah passion, dan tidak pernah berhenti belajar,” kata Bayu.

Menurutnya, perangkat yang semakin canggih memungkinkan orang kini lebih mudah berlatih menjadi seorang reviewer. Baik dalam bentuk tulisan, maupun review dalam bentuk video.

Dalam acara ini, materi workshop diberikan oleh Editor sekaligus Reviewer Telko.id, Muhammad Faisal Hadi Putra, dan Mirza Garibaldi yang merupakan Video dan Creative Editor Telset TV. Sementara dari pihak Samsung diwakili oleh Hermanto, selaku Community Manager Samsung Electronics Indonesia.

Dalam pemaparannya, Faisal menjelaskan bagaimana seorang reviewer bekerja saat akan membuat tulisan review gadget dan juga mengkonsep video review. Ada beberapa tahapan dan parameter yang harus dilakukan seorang tech reviewer saat akan me-review sebuah produk gadget.

“Untuk menjadi seorang tech reviewer, orang harus tahu tahapan dan parameter apa saja yang digunakan untuk mengukur kualitas sebuah produk,” ujar Faisal.

Dimulai dari menentukan ide dengan mencari selling point-nya, lalu mencari tahu perbedaannya dengan yang lain dan apa saja yang perlu di-review. “Lalu dibuat kerangkanya, agar nanti materi review gak melenceng kemana-mana,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Mirza saat membahas soal teknik editing video, terutama untuk konten video produk review. Dia mengatakan bahwa untuk membuat video review, orang harus mengusai proses editing dan cara menggunakan efek transisinya, sehingga dapat menghasilkan video review yang menarik.

“Semua itu bisa dilakukan oleh semua orang, asal ada kemauan untuk belajar,” pungkasnya.

Para peserta workshop nampak antusias mendengarkan materi yang diberikan dua pembicara. Acara ini semakin seru karena para peserta diberi kesempatan untuk mencoba langsung smartphone terbaru Samsung Galaxy A80 yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Selain bisa “mengoprek” langsung berbagai fitur menarik yang ada di Galaxy A80, para sobat Telset dan Samsung Member juga diberi kesempatan menunjukkan kebolehannya dalam membuat video dengan memakai smartphone yang punya fitur andalan Rotating Camera itu.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy A80 mengusung konsep kamera slider dan kamera berputar (Rotating Camera) yang membuat kamera utamanya bisa digunakan sebagai kamera depan ataupun kamera belakang.

Konfigurasi kameranya sendiri adalah 48MP lensa utama dengan aperture f/2.0, kemudian lensa ultra-wide 123° dengan sensor 8MP aperture f/2.2, dan lensa ToF (Time of Flight) 3D Depth. Karena konsep kamera berputar juga, smartphone ini pun memiliki desain yang benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan smartphone Samsung lainnya, termasuk trio Galaxy S10.

Tak hanya kameranya yang keren, performanya juga mumpuni. Tak heran, karena Galaxy A80 ditopang oleh spesifikasi kelas atas berupa prosesor octa-core 2.2 GHz Snapdragon 730G. Prosesor ini baru saja diperkenalkan Qualcomm sebagai seri tertinggi dari seri Snapdragon 700 yang kecepatannya mendekati seri Snapdragon 800.

Selain mendapatkan meteri workshop berupa teori tentang teknik me-review produk dan mencoba langsung Galaxy A80, para peserta juga mendapat beragam hadiah. Yang paling ditunggu adalah lomba membuat video review singkat menggunakan Galaxy A80.

Yang menarik, hasil video yang dibuat sobat Telset dan Samsung Member ternyata cukup bagus-bagus, meski hanya diberi waktu sangat singkat. Tapi tim juri dari Telko.id harus memilih yang terbaik. Dan dari total 27 peserta yang mengikuti lomba, akhirnya terpilih dua nama sebagai pemenang, yakni Mirza Ramadhan dan Iqbal. Selamat buat para pemenang!

“Kami senang, karena acara ini berjalan baik. Semoga meteri workshop yang diberikan para pembicara tadi bisa menjadi pengetahuan bagi Sobat Telset dan Samsumg Member yang ingin menjadi tech reviewer,” tutup Bayu. [IF/HBS]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.