Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 4 months ago

Sempat Terjadi Masalah Server Down, Facebook Minta Maaf

Telko.id, Jakarta – Facebook mengakui bahwa terjadi gangguan di platform Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada Minggu malam (14/04/2019) sehingga menyebabkan server down. Terkait masalah tersebut, Facebook mengakui telah terjadi masalah, dan meminta maaf kepada pengguna.

Gangguan yang dialami ketiga platform sosial media tersebut sempat menjadi viral di internet, karena banyak yang mengaku terdampak karena tidak bisa mengakses akun sosmed mereka.

Facebook pun meminta maaf atas kasus di hari Minggu kemarin. Facebook mengakui jika telah terjadi gangguan dan sudah menyelesaikan kasus tersebut.

“Kemarin sebagian pengguna mengalami kendala dalam mengakses family of apps Facebook. Isu tersebut telah kami selesaikan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ujar Juru bicara Facebook kepada Tim Telko.id pada Senin (15/04/2019).

{Baca juga: WhatsApp, Instagram, Facebook Kompak Down (Lagi)}

Namun saat kami menayakan penyebab gangguan tersebut, pihak Facebook belum bisa menjelaskan kenapa kerusakan terjadi pada WhatsApp, Instagram dan Facebook secara bersamaan pada hari Minggu kemarin.{Baca juga: WhatsApp, Instagram, Facebook Kompak Down (Lagi)}

“Kami tidak ada informasi mengenai hal tersebut saat ini,” terang pihak Facebook.

Sebelumnya layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook dikabarkan kembali tumbang, karena mengalami server down. Kabar ini cepat menyebar setelah netizen di seluruh dunia mengeluhkan tidak bisa mengakses ketiga layanan tersebut di media sosial.

Berdasarkan pantauan dari situs Down Detector pada Minggu (14/04/2019), terjadi peningkatan aduan terhadap 3 platform tersebut sejak sore tadi. Pada aplikasi WhatsApp, aduan meningkat sejak pukul 18.00 WIB dan puncaknya sekitar pukul 19.00 WIB, dimana aplikasi pesan instant itu menerima 2676 pengaduan.

Secara presentase, ada sekitar 40% pengguna melaporkan jika mereka tidak bisa mengirim dan menerima pesan, sedeangkan 38% pengguna melaporkan terkait konektivitas, dan 21% mengeluh tak bisa melakukan log-in di aplikasi tesebut.

{Baca juga: Tagar #InstagramDown dan #FacebookDown Ramai di Twitter}

Angka pengaduan yang lebih tinggi muncul di platform Instagram. Down Detector menerima hingga 7.019 aduan sekitar pukul 19.00 WIB.

Secara presentase 49% pengguna melaporkan bahwa ada gangguan di News Feed, lalu di sistem Log-in sebanyak 29% dan sekitar 20% pengguna melaporkan jika mereka tidak bisa mengakses website Instagram. [NM/HBS]