Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 3 months ago

Selamat #HariTagar! Ini 10 Hashtag Terpopuler di Indonesia

Telko.id, Jakarta – Siapa yang tidak kenal hashtag Twitter yang selalu mempengaruhi trending topic dunia? Ya, hashtag atau tagar biasanya menjadi media untuk berbagi informasi ataupun melakukan kampanye.

Tagar Twitter pertama kali diperkenalkan oleh Chris Messina pada 23 Agustus 2007 atau 12 tahun lalu. Hingga saat ini, sudah banyak tagar yang populer di dunia ataupun Indonesia.

Nah, tiap tahunnya, biasanya muncul beberapa hashtag populer yang mewarnai jagat media sosial dunia, termasuk di Indonesia.

Di tahun ini, setidaknya ada 10 hashtag populer di Indonesia yang dirangkum oleh Twitter untuk merayakan #HariTagar. Semuanya memiliki ceritanya sendiri dan sangat ramai dibicarakan warganet di tahun ini. Berikut daftarnya:

#Pemilu2019

Tanggal 17 April 2019 lalu, masyarakat Indonesia melakukan Pemilu 2019 secara serentak. Mereka memilih calon legislatif dan calon pasangan presiden dan wakil presiden sesuai pilihan mereka. Saat itu warganet Indonesia pun ramai berkicau dengan tagar #Pemilu2019.

#SetorFotoPolusi

Pada awal tahun 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan sebuah penelitian di Jakarta. Dalam penelitiannya, mereka mengumumkan bahwa tingkat polusi di Jakarta mencapai empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia. Foto tersebut bermakna kritikan kepada masyarakat dan pemerintah jika polusi udara sudah tersebar dimana-mana.

#AvengersEndGame

Pada bulan Mei 2019, film Avengers: Endgame resmi dirilis. Warganet Indonesia menyerbu bioskop dan membicarakan film tersebu, yang membuat film ini menjadi viral.

Alhasil, tagar #AvengersEndGame bergema dengan berbagai macam jenis kicauan warganet. Yang unik, mereka yang sudah menyaksikan filmnya kompak untuk merahasiakan jalan cerita perjuangan Captain America dan kawan-kawan. Menurut Data dari twitter, ada 50 juta tweet yang membicarakan film tersebut.

{Baca juga: Iron Man dkk Beraksi, Tagar #AvengersEndgame jadi Trending}

#HiduplahImajinasiRaya

Tagar ini diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya yang memiliki akun twitter @maswaditya. Tagar #HiduplahImajinasiRaya bertujuan memancing imajinasi dan kreativitas seseorang. Melalui tagar tersebut, Wahyu membagikan karya berupa ilustrasi sepatu olahraga dengan berbagai mereka produk di Indonesia.

#BiroJomblo

Tagar ini terbilang unik. Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto dengan akun Twitter @shitlicious. Tujuannya Alit ingin mempertemukan mereka yang berstatus single alias jomblo untuk saling berkenalan.

Hasilnya pun diluar dugaan. Banyak warganet yang turut serta dan mengadu peruntungan disana. Walaupun tampak seperti ajang pencarian pasangan, kita masih menemukan berbagai cerita lucu yang dialami oleh warganet terkait pengalaman asmara meeka.

#RecehkanTwitter

Banyak kicauan di Twitter yang dapat menciptakan kegembiraan dan membuat orang tertawa. Mulai dari permasalahan percintaan, pekerjaan dan kejadian sehari-hari.

Di Twitter semua kisah tersebut dapat diubah menjadi lelucon ringan lewat #RecehkanTwitter. Tagar tersebut biasanya berisi cerita-cerita ringan dan jenaka yang dibuat oleh warganet. Biasanya cerita yang lucu akan mendapat banyak retweet dan likes sehingga menjadi viral.

{Baca juga: Setelah Timeline, DM Twitter juga akan “Dipantau”}

#DariHalteKeHalte

Tagar ini berawal dari akun @drhaltekehalte. Akun ini semakin populer karena digunakan untuk berbagi lokasi restoran dan kafe baru, serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di Jakarta khususnya yang berlokasi di dekat halte bus Trans Jakarta, dan stasiun MRT dan kereta api.

tagar #DariHalteKeHalte juga mendukung perkembangan bisnis lokal, seringkali menyoroti kisah mengesankan pemilik toko tersebut dan mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

#JokePuasaLawas

Pada hari pertama bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia meramaikan Twitter dengan tagar #JokePuasaLawas. Tagar merupakan wadah untuk berbagi lelucon selama bulan puasa.

Lelucon yang dibagikan pun bervariasi, mulai dari efek menahan lapar yang menimbulkan halusinasi seperti melihat benda mati sebagai makanan, pendapat-pendapat lucu mengenai puasa, dan kejadian lucu lainnya.

#WanPerfekSyot

Film merupakan topik favorit yang sering dibicarakan di Twitter. Melalui tagar #WanPerfekSyot, warganet Twitter di Indonesia dapat mengkorelasikan kejadian sehari-hari dengan referensi di film atau merangkai judul film sendiri yang menggambarkan foto atau video tersebut.

Selanjutnya, pengguna juga menyebutkan nama sutradara, sinematografer atau pemain dalam cuitan tersebut.

#HariPertamaSekolah

Menjelang awal semester baru, anak-anak sekolah dan mahasiswa menanti hari pertama mereka kembali ke sekolah. Memanfaatkan momentum yang penuh antisipasi ini, banyak pengguna Indonesia dan bahkan brands memenuhi linimasa Twitter dengan mengekspresikan semangat tersebut.

So, apakah Anda menjadi salah satu warganet yang meramaikan jagat media sosial dengan tagar atau hashtag ini? (NM/FHP)