Telset

Telko.id, Jakarta – Tangan mempunyai banyak saraf yang berguna untuk mengirimkan sinyal ke otak guna memberitahu apa yang kita sentuh. Itulah kenapa kita bisa merasakan dingin, empuk, dan tajam di suatu benda.

Namun, bagaimana cara seseorang menyampaikan informasi serupa ke komputer yang jelas-jelas tidak memiliki saraf seperti manusia? Peneliti di Massachusetts Institute of Technology mencoba memberi jawabannya.

Mereka menciptakan sarung tangan yang penuh sensor untuk membantu mengajari komputer mengidentifikasi objek lewat sentuhan. Benda ajaib itu dijuliki “Scalable Tactile Glove”. Di dalamnya terdapat 550 sensor kecil.

{Baca Juga: Tiga Negara Ini Latih Komputer untuk Melacak Kanker}

Menurut Ubergizmo, dikutip Telko.id, Jumat (31/5/2019), masing-masing sensor di sarung tangan tersebut dirancang untuk merekam sinyal tekanan. nantinya, komputer mengklasifikasikan objek dan memprediksi bobotnya.

Sejauh ini, para peneliti telah berhasil. Sarung tangan itu berhasil mengidentifikasi dataset yang dikumpulkan dengan tingkat akurasi 76 persen. Penggunaannya pun lebih efisien dan hemat biaya dibanding memakai sistem lain.

Asal tahu saja, sarung tangan tersebut dibuat menggunakan bahan yang hanya berharga USD 10 atau lebih kurang Rp 140 ribu. Para peneliti kemudian menjajaki kemungkinan untuk memakai metode serupa untuk kaki palsu.

{Baca Juga: Ilmuwan Jepang Rancang Komputer yang Bisa Bikin Meme}

Pada 2015 silam, peneliti di Berlin, Jerman, juga mengembangkan Mobile Lorm Glove, sarung tangan canggih yang membuat difabel buta-tuli dapat mentransmisi Lorm menjadi teks di komputer atau perangkat mobile. [SN/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.