Telko.id, JakartaPenemu kalkulator, Jerry Merryman meninggal dunia pada usia 86 tahun. Jerry Merryman meninggal dunia pada 27 Februari 2019 lalu di sebuah rumah sakit di Dallas, Amerika Serikat.

Ia mengembuskan napas terkahir karena menderita komplikasi gagal jantung dan ginjal. Dilansir NBC News, dikutip Telko.id, Rabu (06/03/2019), putri tirinya, Kim Ikovic menyebut bahwa Merryman dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember 2018.

Merryman diopname usai mengalami komplikasi selama operasi pemasangan alat pacu jantung. Ia adalah satu dari tiga orang yang bekerja sama menghasilkan penemuan kalkulator genggam saat bekerja di Texas Instruments di Dallas.

{Baca juga: Waspadalah Orang Tua! Cek Aplikasi “Kalkulator Rahasia” di Ponsel Anak}

“Merryman adalah orang paling cerdas. Pemikirannya benar-benar luar biasa dan cemerlang. Ia memiliki ingatan yang kuat dan kemampuan mampu mendapatkan formula, informasi, di hampir semua subjek,” kata mantan koleganya, Vernon Porter.

Pada 2013, dirinya pernah mengisahkan penemuan kalkulator genggam kepada NPR. The Smithsonian menyebut, bahwa Merryman dan dua rekannya telah membuat kemajuan berarti untuk mengajukan paten pada September 1967.

{Baca juga: Duh, Facebook Sebut Anda Sudah Meninggal}

Merryman sendiri lahir pada 17 Juni 1932. Ia tumbuh di Hearne di Texas, dan pada usia 11 tahun ia telah menjadi tukang reparasi radio. Ia menempuh pendidikan di Texas A&M University di College Station, meski tidak pernah dinyatakan lulus sebagai sarjana.

Setelah bekerja untuk departemen oseanografi dan meteorologi universitas dan pangkalan minyak di Teluk Meksiko, ia mulai bekerja di Texas Instruments pada 1963. Putrinya, Melissa Merryman, menyebut sang ayah sebagai pria yang rendah hati. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.