Telko.id – Sebuah ajang pameran teknologi di China dibuat heboh oleh ‘amukan’ sebuah robot. Tak hanya menyeruduk dan menghancurkan jendela, robot ini juga melukai seorang pengunjung yang berdiri di dekatnya hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Dalam pernyataan yang dimuat di situsnya, pembuat robot bernama Xiao Pang meminta maaf atas insiden tersebut, dan menjelaskan bahwa staf-nya mencoba untuk memindahkan robot, namun malah tanpa sengaja menekan tombol untuk mundur, dan bukannya maju.

Robot pun terlepas dari genggamannya dan dia tidak bisa langsung menghentikannya, kata perusahaan dalam pernyataan itu.

Xiao Pang sendiri sebenarnya memiliki sensor untuk menghentikannya dari menabrak sesuatu untuk penggunaan biasa, tapi fungsi tersebut tidak aktif ketika panel kontrol terbuka.

Robot lucu ini memiliki layar untuk wajah yang dapat menampilkan emosi dan dipasarkan sebagai mainan pendidikan untuk anak-anak antara usia empat dan 12 tahun.

 

xiao-pang-3Selain itu, Xiao Pang juga dilengkapi dengan webcam, dan dapat berkeliling di sekitar rumah untuk membantu orang tua mengawasi anak-anaknya. Ia juga dapat melakukan panggilan video dua arah.

Menurut Beijing Science and Tech, seperti dilansir Mashable, Selasa (22/11), sejak diproduksi secara massal pada bulan September, lebih dari 3.000 Xiao Pang telah terjual. Harga ritelnya sendiri sekitar US$ 1,448 atau setara Rp 19 jutaan.

Meskipun insiden itu tampaknya hanya sebuah kecelakaan, namun beberapa laporan di media baik China maupun Barat sudah ada yang memberitakan mengenai ‘kenakalan’ Xiao Pang, yang konon sering mengeluarkan rasa frustasinya pada manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.