Sadar Akan Gempa, Pemerintah Nepal Adakan Lelang Broadband

0

Telko.id – Regulator telekomunikasi Nepal atau disebut juga Nepal Telecommunications Authority (NTA) telah meluncurkan undangan untuk sebuah tender yang menarik guna menyediakan layanan internet broadband di  kecamatan yang terkena dampak gempa.

Seperti diketahui, Nepal menjadi salah satu negara yang langganan terkena gempa bumi di tiap tahunnya. Gunung-gunung yang ada di Nepal merupakan konsekuensi dari lempeng tektonik India yang berada di Asia Tengah (lempeng tektonik Eurasia).

Terakhir, Gempa bumi dengan kekuatan skala 7,8 Richter besarnya melanda Nepal di Gorkha dekat Barpak, pada 25 April 2015 dan gempa susulan berkekuatan skala 7.3 Richter berlangsung pada 12 Mei. Gorkha, Dhading, Nuwakot, Rasuwa, Kathmandu, Lalitpur, Bhaktapur, Sindhupalchowk, Karve, Dolkha, Ramechhap, Okhaldhunga, Sindhuli dan Makwanpur adalah kecamatan yang terkena dampak dari gempa bumi tersebut.

Proses rekonstruksi sudah dimulai. Pemerintah akan menggunakan IT untuk mendukung proses rekonstruksi di daerah-daerah, ujar NTA.

Dilaporkan TelecomPaper (2/5), NTA berencana untuk menggunakan jasa RTDF dalam menyediakan layanan internet broadband di daerah yang terkena gempa tersebut melalui tempat-tempat umum, seperti kantor Komite Pembangunan Desa (VDC), lembaga pendidikan, pusat kesehatan dan lain-lain.

NTA mengundang Expression of Interest  (EOI) dari ISP yang memenuhi syarat dan memiliki keahlian serta pengalaman operasional dalam perencanaan, perancangan dan pelaksanaan layanan internet pedesaan.

EOI sendiri merupakan sebuah rancangan dan Kerangka Acuan, sementara untuk format untuk pengajuan dan rincian lainnya dapat didownload dari situs NTA.

Well, hadirnya akses internet pada saat terjadi bencana alam memang sangat dibutuhkan di zaman yang serba terkoneksi seperti sekarang ini. Hadirnya akses internet juga bisa membantu proses evakuasi korban bencana serta memberikan peringatan dini terhadap bencana tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.