Telko.id – Sebuah asosiasi yang menggabungkan perusahaan otomotif dan perusahaan teknologi dibentuk baru-baru ini. Diberi nama 5G Automotive Association, atau Asosiasi Otomotif 5G, perkumpulan ini berisikan nama-nama beken seperti Audi, BMW, Daimler, Ericsson, Huawei, Intel, Nokia dan Qualcomm.

Asosiasi ini akan mengembangkan, menguji dan mempromosikan produk komunikasi, mendukung standarisasi dan mempercepat ketersediaan komersial serta penetrasi pasar global. Tujuannya sederhana, mengatasi mobilitas yang terhubung dan keselamatan jalan yang dibutuhkan masyarakat dengan aplikasi seperti kendaraan yang terhubung secara otomatis, akses menyeluruh untuk layanan dan integrasi ke kota cerdas dan transportasi cerdas.

Dilaporkan Telecompaper, Rabu (28/9), kegiatan utama dari asosiasi ini meliputi mendefinisikan dan harmonisasi kasus penggunaan, persyaratan teknis dan strategi implementasi; mendukung standarisasi dan badan pengawas, sertifikasi dan persetujuan proses; menangani kebutuhan teknologi kendaraan dalam segala aspek, seperti konektivitas nirkabel, keamanan, privasi, otentikasi, arsitektur awan yang terdistribusi dan banyak lagi, disamping menjalankan inovasi dan pengembangan proyek bersama yang mengarah ke produk yang terintegrasi, pengujian interoperabilitas, pilot skala besar dan penyebaran uji coba.

5G Automotive Association adalah sebuah asosiasi global dan menyambut lebih banyak mitra yang terlibat dalam industri otomotif, industri ICT atau ekosisem yang lebih luas dan value chain untuk sistem kendaraan dan angkutan jalan. Beberapa perusahaan telah menyatakan dukungan kuat untuk 5GAA dan menyatakan niat mereka untuk bergabung dengan asosiasi dalam waktu dekat.

Christoph Voigt ditunjuk sebagai ketua dewan perkumpulan ini, sementara Dino Flore akan menjadi direktur umum.

Ke depan, asosiasi ini akan mendukung dan bekerja sama erat dengan inisiatif nasional dan regional, seperti European Connected & Automated Driving Pre-Deployment Project.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.