Telko.id – Maraknya kasus kekerasan yang menimpa perempuan di Indonesia mendorong telkomtelstra untuk ikut ‘memerangi’ itu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai pentingnya kesadaran mengenai kekerasan pada perempuan dan kesetaraan gender.

Di sini, telkomtelstra bermitra dengan LK3 Kementerian Sosial Republik Indonesia, Australia and New Zealand Association (ANZA), Yayasan Pulih bersama Pulih@thePeak dan penulis ternama buku The O Project. Menurut perusahaan, seperti disampaikan lewat keterangan resmi, kegiatan ini dilakukan sebagai dukungan kepada kampanye White Ribbon (Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan/HaKtP) dan penerapan program Brilliant Connected Women yang berisi rangkaian kegiatan menarik dan edukatif.

“Keterlibatan telkomtelstra dalam kampanye mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan bentuk aktif dari kontribusi masyarakat, khususnya korporasi. Bagi kami, partisipasi dari telkomtelstra ini merupakan sikap inspiratif yang patut ditiru oleh perusahaan lain, karena perempuan merupakan bagian dari kita,” kata Vitria lazzarini latief, senior associate Yayasan Pulih.

Inisiatif ini diambil berdasarkan data yang ada, di mana hingga tahun 2015 telah tercatat 321.752 kasus kekerasan pada perempuan, dengan data kasus/perkara yang ditangani oleh Pengadilan Agama atau Badan Peradilan Agama (PA-BADILAG) sebesar 305.535 kasus, dan dari data lembaga layanan mitra Komnas Perempuan sejumlah 16.217 kasus.

Selain itu, Komisi Nasional Anti Kekerasan pada Perempuan (Komnas Perempuan) juga mencatat dan menyimpulkan bahwa pada tahun 2015 kekerasan terhadap perempuan memperlihatkan pola meluas, sehingga penting agar Negara dan pihak swasta hadir secara maksimal untuk terlibat dalam pencegahan, penanganan, serta tindakan strategis untuk menjamin rasa aman perempuan yang menjadi korban.

Menurut Komnas Perempuan, kekerasan terhadap perempuan tidak hanya terjadi di ranah domestik atau rumah tangga maupun dalam relasi perkawinan, tetapi juga terjadi meluas di masyarakat umum maupun yang berdampak dari kebijakan Negara.

Berangkat dari situasi ini, telkomtelstra menggelar kampanye White Ribbon dan program Brilliant Connected Women yang berlangsung sejak 16-27 November 2016 dengan perayaan utama yang jatuh pada tanggal 24 November 2016.

“Telkomtelstra secara konsisten menerapkan dukungannya bagi program pengentasan dan peningkatan kesadaran untuk kekerasan perempuan dan kesetaraan gender baik di ruang lingkup masyarakat maupun ruang lingkup pekerjaan,” kata perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.