OVO dan Dekranas

Telko.id – OVO dan Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) melakukan kolaborasi dukung digitalisasi UKM nasional. Caranya dengan memfasilitasi para perajin UKM binaan Dekranas masuk ke dalam ekosistem pembayaran digital yang inklusif melalui QRIS serta mendukung  pemasaran digital para pelaku UKM. Kemitraan ini sekaligus merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia.

Kemitraan OVO dengan Dekranas diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual antara OVO dengan Dekranas, yang masing-masing diwakili oleh Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra dan Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian.

Dalam MoU tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan pembinaan UKM melalui edukasi, pelatihan, dan pendampingan tentang metode pembayaran secara daring menggunakan QRIS. OVO juga memfasilitasi dan melakukan onboarding pada UKM yang telah diseleksi dan dibina oleh Dekranas untuk menjadi merchant OVO, sejalan dengan visi OVO untuk mendorong inklusi keuangan.

Tak hanya itu, OVO juga akan mendukung Dekranas dengan menjadi salah satu mitra pembayaran situs e-commerce Ladara yang digagas oleh Dharma Pertiwi TNI serta disupervisi oleh Dekranas.

Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra menggarisbawahi terus berkembangnya sinergi antara pelaku industri digital dengan berbagai pihak, sebagai salah satu bentuk upaya membangkitkan ekonomi bangsa, melalui penguatan di sektor UKM.

Sebagai platform pembayaran dan layanan keuangan digital dengan pertumbuhan pengguna baru mencapai 276% tahun 2020 termasuk selama pandemi, OVO akan memperluas akses bagi pelaku UKM di bawah naungan Dekranas, dan mempertegas kontribusi layanan keuangan digital bagi pemulihan ekonomi nasional, serta inklusi keuangan.

“Sinergi ini merupakan bentuk nyata semakin eratnya kerjasama yang dibangun antara pelaku industri serta lembaga terkait untuk mendukung program pemerintah dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujar Karaniya.

Karaniya juga berharap para perajin binaan Dekranas dapat segera bergabung dengan lebih dari 500.000 pelaku UKM yang sudah menjadi bagian dari ekosistem pembayaran digital melalui QRIS.

Selain itu, konsumen dan pelaku UKM juga diharapkan dapat terus bertransaksi secara cepat, aman, mudah dan nyaman dan berperan nyata dalam pemulihan ekonomi nasional.” ujar Karaniya.

Dalam sambutannya, Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian menekankan bahwa pelaku UKM adalah salah satu prioritas dalam kebijakan ekonomi nasional terutama di masa pandemi. Sebanyak 80% pelaku UKM mengalami penurunan penjualan di atas 20%. Oleh karena itu, Dekranas sebagai pemangku kepentingan di sektor kerajinan semakin terpacu untuk menggerakan kembali industri kerajinan nasional dari hulu hingga ke hilir, melalui peningkatan kompetensi perajin.

Tri Tito Karnavian mengapresiasi langkah OVO untuk melakukan edukasi dan onboarding UKM binaan Dekranas dalam perluasan penggunaan QRIS serta onboarding dalam ekosistem OVO, Tokopedia, dan Grab.

Ekosistem digital OVO akan mendorong peningkatan kapasitas perluasan pasar produk-produk kerajinan nasional dengan membuka akses jual-beli secara daring serta opsi pembayaran non tunai. Kemitraan Dekranas dengan OVO diharapkan dapat memberikan sumbangan yang nyata dalam meningkatkan kehidupan pelaku UKM serta mendorong peningkatan laju ekonomi nasional. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.