Oppo Perlebar Bisnis Dengan Produksi Smart TV, Apa Kemampuannya?

Oppo Smart TV

Telko.id – Oppo baru menggelar acara peluncuran serangkaian produk baru dengan tema “One More Step”. Salah satu jenis produk yang cukup menarik adalah Oppo Smart TV yakni Oppo TV S1 dan Oppo TV R1 series. Kabarnya, televisi pintar ini berbeda lho dengan yang sudah ada di pasaran.

Oppo TV S1

Oppo Smart TV diluncurkan dalam dua seri TV, Oppo TV S1 dan Oppo TV R1, tersedia dalam tiga model berbeda. Oppo TV S1 memiliki layar besar 65 inci beresolusi 4K QLED Quantum Dot fitur wide color gamut display. NTSC 120% ultra-wide color gamut memungkinkan tampilan yang lebih nyata dan lebih hidup serta transisi warna yang lebih lembut dan halus. Refresh rate 120Hz dan variable refresh rate (VRR) mutakhir memastikan bahwa tayangan olahraga dan game akan tampak lebih halus dan lebih alami.

Dalam hal performa akustik TV, OPPO kembali bekerja sama dengan Dynaudio untuk menghadirkan kualitas suara sinematik yang imersif. OPPO TV S1 dilengkapi dengan delapan belas speaker surround stereo dengan daya total hingga 85W, dan mendukung saluran 5.1.2 dan Dolby Atmos.

Selain itu, smart ini TV juga dilengkapi dengan mikrofon untuk mengoperasikan perintah suara, Breeno. Jeroan Oppo TV S1 ditenagai system on chip (SoC) MediaTek MT9950 yang disandingkan dengan RAM 8,5 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Oppo TV S1 sudah menjalankan sistem operasi TV ColorOS dan mendukung platform streaming seperti Tencent, Youku, Mango, dan iQiyi. mart TV ini dibekali dengan 18 speaker berikut dukungan output suara 85 W dan 5.1.2 channel suara.

Fitur lainnya mencakup HDMI 2.1, WiFi 6, NFC, OPPO Share, blue light filter, Dolby Vision, Dolby Atmos, dan dukungan pemutaran video 8K. Di China, Oppo TV S1 dibanderol dengan harga 6.999 Yuan (sekitar Rp 15,3 juta) saat penjualan perdana. Untuk penjualan selanjutnya, harganya berbanderol 7.999 Yuan (sekitar Rp 17,5 juta).

OppoTV R1

Oppo TV R1 mengusung panel LCD dengan resolusi 4K. Ada dua ukuran layar yang ditawarkan yakni 55 inci dan 65 inci. Layar Oppo TV R1 memiliki rasio screen-to-body mencapai 96 persen. Namun, Oppo TV R1 tidak mendukung refresh rate 120 Hz. Dilengkapi juga dengan prosesor quad-core dan Wi-Fi 6 berkecepatan tinggi, menawarkan pengalaman baru di ruang keluarga dengan fitur “instant-on”.

Oppo Smart TV

Televisi cerdas ini ditenagai chipset MediaTek MTK9652 yang dipadukan dengan RAM 2 GB. Tak lupa, Oppo turut menyediakan media penyimpanan internal sebesar 32 GB. Dua varian Oppo TV R1 sama-sama memiliki modul kamera yang terletak di bagian atas layar dengan mekanisme pop-up dan dilengkapi teknologi MEMC.

Fitur lain yang dibawa Oppo TV R1 adalah HDMI 2.1, WiFi 6, NFC, OPPO Share, blue light filter, speaker Dolby Vision (20 W), far-field microfon, dan sudah menjalankan sistem operasi TV ColorOS. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (20/10/2020), di China, Oppo TV R1 varian 55 inci dibanderol dengan harga 3.299 Yuan (sekitar Rp 7,2 juta), sementara untuk model 65 inci dipatok seharga 4.299 Yuan (sekitar Rp 9,4 juta).

Namun, Oppo belum memastikan apakah smart TV miliknya ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.