Oppo Reno5 F

Telko.id – Baru saja, Oppo Reno5 F resmi diumumkan kehadirannya di Indonesia. Dengan mengusung jargon Picture Life in Speed”, smartphone ini menyasar segmen pasar berusia 18- 25 tahun, mahasiswa atau yang baru bekerja. Yang ditawarkan performa tinggi dan kecepatan yang jauh lebih cepat dari pendahulunya. Selain tentu saja kamera dan warna yang trendi.

“Oppo Reno5 F merupakan puncak dari umpan balik pengguna dan riset yang dilakukan Oppo terhadap perangkat yang diinginkan oleh pasar. Faktanya, Oppo Reno5 F memenuhi kriteria yang menyasar pengguna lini seri Reno seperti kehadiran baterai berkapasitas tinggi dan 30W VOOC Flash Charge, desain perangkat tipis dengan warna yang trendi dan fashionable, serta berbagai fitur kamera kreatif dan teknologi gaming yang dibuat untuk memenuhi ekpektasi pengguna kami,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia dalam acara peluncuran virtual, Rabu (24/3/2021). 

Dari spesifikasinya, Oppo Reno5 F adalah ‘anak bontot’ karena berada di posisi paling bawah jika dibanding dengan varian Reno5 dan Reno5 5G, yang lebih dulu dirilis di Indonesia pada Januari lalu.

Namun Oppo mengklaim Reno 5F tetap memberikan performa lebih baik. “Perangkat ini menawarkan sebuah performa yang berbeda, performa yang lebih baik, dan berbagai macam konfigurasi perangkat keras yang terbaik di kelasnya,” kata Aryo menambahkan.

Aryo juga menyebutkan sektor perangkat keras (hardware) menjadi salah satu pembeda Reno5 F dari dua saudaranya. Berbeda dengan Reno5 dan Reno5 5G yang mengusung chip Qualcomm, Reno5 F ditenagai chipset Mediatek Helio P95. Chip yang sama juga mengotaki Reno4 F yang dirilis Oppo tahun lalu.

Tapi strategi ini bukan tanpa alasa. Aryo menyebutkan bahwa produk ini tetap mengandalkan chipset Mediatek Helio P95 untuk Reno5 F karena sesuai dengan kebutuhan.

“Karena banyak fitur berbasis AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan), kami memilih Helio P95 karena memiliki (chip) AI yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan fitur yang ada di Reno5 F,” jelas Aryo.

Ia juga mengklaim dengan Mediatek Helio P95, kecepatan Reno5 F akan meningkat 30 persen dibanding chipset generasi sebelumnya. Selain itu, ponsel ini akan memiliki touch delay yang lebih rendah, sekitar 13,75 persen, sedangkan respon tombol lebih cepat 41,4 persen.

Bahkan, Mediatek Helio P95 dianggapnya sebagai salah satu chipset terbaik untuk menunjang kinerja berbasis kecerdasan buatan. Ia menambahkan bahwa Mediatek Helio P95 juga memiliki satu fitur yang sangat dibutuhkan untuk gaming yaitu akselerasi saluran ganda antara WiFi dan koneksi 4G.

Seperti Reno4 F, chipset Mediatek Helio P95 dipadu dengan RAM 8 GB LPDDR4X serta memori internal 128 GB yang bisa diekspansi hingga 256 GB dengan microSD. Kendati prosesornya sama, Reno5 F tetap memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda dibanding Reno4 F.

Seperti kamera depan yang kini hanya tunggal, namun resolusinya lebih besar yakni 32 MP. Di Reno4 F, kamera depan terdiri dari dua sensor, masing-masing beresolusi 16 MP dan 2 MP. Baterainya juga lebih besar, yakni 4.310 mAh yang kini didukung pengisi daya cepat VOOC Flash Charge 4.0 30 watt.

Meningkat dari Reno4 F, kini Reno5 F menjalankan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka ColorOS 11.1. Untuk spesifikasi lainnya, masih identik. Seperti spesifikasi layar yang berbentang 6,43 inci. Kemudian empat kamera belakang pun sama, masing-masing beresolusi 48 MP kamera utama, 8 MP kamera ultrawide, 2 MP makro, dan 2 MP mono.

Oppo Reno5 F menawarkan dua warna pilihan yakni Fluid Black (hitam) dan Fantastic Purple. Reno5 F dijual dengan harga Rp 4.299.000. Oppo akan menggelar flash sale 27 Maret – 1 April di Lazada, lalu penjualan perdananya akan digelar mulai 2 April 2021 mendatang. (Icha)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.