Oppo Reno5

Telko.id – Oppo Reno5 resmi hadir di Indonesia, yang membawa dua fitur yang diunggulkan yakni AI Mixed Portrait dan AI Highlight Video. Kedua nya diklaim yang pertama di industry smartphone saat ini. Acara peluncurannya disiarkan melalui kanal YouTube dan kanal media sosial resmi Oppo Indonesia.

AI Mixed Portrait adalah video eksposur ganda pertama pada smartphone. Lalu AI Highlight Video adalah fitur yang menggunakan deteksi cahaya cerdas untuk menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR yang meningkatkan kualitas video secara signifikan dalam suasana cahaya redup dan cahaya latar yang kuat.

“Perangkat smartphone saat ini tidak hanya menjadi alat untuk merekam berbagai kenangan, namun juga dapat mewakili cara unik kita dalam bercerita dan menyimpan berbagai kisah tak terlupakan yang kita bagikan dengan teman dan keluarga,” tutur Aryo Meidianto A,PR Manager Oppo Indonesia untuk Reno dan A Series.

Aryo juga menambahkan bahwa “Dengan teknologi revolusioner pada kamera yang mencakup kombinasi inovasi pada perangkat keras dan perangkat lunak, OPPO Reno5 memberi pengguna kekuatan untuk dengan mudah menangkap potret yang luar biasa pada video atau foto, siang atau malam, jernih dan kaya warna. Oppo Reno5 memberdayakan kita untuk menghadirkan ‘Picture Life Together’.”

Baca juga : Ini Spesifikasi Oppo Reno5 Lengkap Yang Bakal Resmi Hadir 12 Januari

Kamera Hasilkan Foto Terbaik

Oppo Reno5
Detail kamera yang dimiliki oleh Oppo Reno5

Oppo Reno5 memperkenalkan sistem kamera belakang baru yang menampilkan matriks quadcam 64MP dan kamera depan 44MP. Keduanya hadir dengan peningkatan Oppo Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, sebuah sistem pencitraan yang dirancang untuk efek video potret yang superior.

Sistem ini terdiri dari dua mesin, Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Mesin Peningkatan Kualitas membantu menangkap video yang jernih dalam kondisi apa pun, baik dalam kondisi malam hari atau cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau berdiri diam. Mesin Persepsi Potret akan mendefinisikan kriteria yang sangat rinci untuk efek potret guna memproses secara alami subjek manusia dan video latar belakang. Bersama-sama, sistem ini menghadirkan pengalaman terbaik dalam menangkap video potret dalam kualitas sempurna.

Didukung oleh FDF Potrait Video System, Oppo Reno5 membawa kualitas video potret ke level berikutnya dengan kehadiran AI Highlight Video, fitur pertama di industri yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

Dalam skenario lingkungan yang gelap, algoritma Ultra Night Video akan aktif secara otomatis untuk mencerahkan lingkungan sekitar, sementara pada skenario cahaya latar kuat akan mengaktifkan algoritma Live HDR untuk mengurangi area yang terlalu terang. Kedua fungsi tersebut membuat video dengan eksposur dan kecerahan yang lebih baik, lebih sedikit noise, dan warna yang jernih dan alami hanya dengan satu klik tombol “AI” saat dalam mode video.

Performa bidikan potret pada Oppo Reno5 juga telah melalui peningkatan yang signifikan dengan Oppo Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem ini memungkinkan pengguna mengambil bidikan yang jelas dari subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil yang tajam. Oppo Reno5 didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan tekstur kaya dalam gambar potret dan memberi pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan.

Dalam menghadirkan kualitas video dan foto tingkat baru ini, Oppo berharap pengguna dapat memanfaatkan kemampuan Oppo Reno5 untuk mengekspresikan gaya mereka melalui kamera smartphone.

Untuk mencapai hal ini, Oppo Reno5 dilengkapi fitur video pertama di industri lainnya: AI Mixed Portrait. Dengan menggabungkan video potret dan video latar belakang, AI Mixed Portrait menghadirkan efek video eksposur ganda ke smartphone untuk pertama kalinya, memungkinkan efek artistik baru.

Fitur ini hadir dengan dua mode yang berbeda di mana pengguna dapat menyesuaikan bagaimana video potret dapat menyatu dengan video latar belakang. Demikian pula, fitur Dual-view Video memungkinkan video ditangkap dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Fungsi perekaman perspektif ganda ini dengan mudah menggabungkan pengguna dan objek yang direkam dalam satu bingkai video yang sama, sehingga cocok digunakan untuk para vlogger dan konten kreator.

Oppo Reno5 juga mewarisi fitur potret yang merupakan ciri khas seri Reno seperti AI Color Portrait, Monochrome Video, 960fps Smart Slow-motion, dan Night Flare Portrait. Perangkat ini menawarkan rangkaian fitur yang lebih lengkap bagi pengguna untuk mewujudkan kreativitas melalui foto dan video.

Selain itu, aplikasi penyuntingan video SOLOOP kini dapat diakses melalui antarmuka kamera Oppo Reno5. Aplikasi video editor buatan Oppo ini memberi pengguna opsi untuk menyunting video berkualitas tinggi dengan mudah melalui template video dan alat penyuntingan berkualitas profesional.

Warna Fantasy Silver Jadi Favorit

Tak disangka, warna Fantasy Silver ternyata menjadi favorit dari para penggemar Oppo. Padahal, pada Oppo Reno4 lalu, warna Space Black lebih digemari ketimbang Galatic Blue. “Yang awal nya kami menyediakan komposisi seimbang antara dua warna Fantasy Silver dan Starry Black. Seperti nya kami harus menyesuaikan lagi di Oppo Reno5 ini,” ungkap Aryo menjelaskan.

Fantasy Silver dan Starry Black, dua varian warna dari Oppo Reno5 ini tidak serta merta hanya muncul satu warna saja, tapi dapat selalu berubah. Ini yang menjadi keunikan dari smartphone ini. Apa rahasianya?

Dengan proses Diamond Spectrum, Oppo Reno5 Fantasy Silver menciptakan efek visual baru yang dapat menghadirkan ribuan warna pada satu perangkat dengan melihatnya melalui sudut yang berbeda atau dalam pencahayaan yang berbeda. Fantasy Silver juga dilengkapi dengan efek Reno Glow yang memberikan detail berkilauan yang halus pada penampang belakang dan membuatnya tahan sidik jari.

Oppo Reno5 dirancang dengan desain sangat ramping. Dengan bobot hanya 171g dan tebal kurang dari 7,8mm, ponsel ini memanfaatkan kemasan COF yang canggih untuk semakin memperkecil tepi bawah layar sebesar 28% jika dibandingkan dengan Oppo Reno4 menjadi hanya 3,98mm.

Selain itu, Oppo Reno5 memberikan pengalaman tampilan tepi ke tepi yang lebih imersif dengan 91,7 % screen-to-body ratiodibandingkan dengan 90,7% pada OPPO Reno4. Selain itu, Hidden Fingerprint Unlock terintegrasi di bawah layar untuk memastikan pembukaan kunci instan sambil menjaga keamanan data pengguna.

Di bagian depan Oppo Reno5, layar AMOLED 90Hz 6,4 inci dengan desain single punch hole memberikan sentuhan modern, dikombinasikan dengan resolusi FHD + (2400×1080) yang tajam dan kecepatan refresh rate 90Hz. Guna memberikan pengalaman hiburan terbaik, OPPO Reno5 dilengkapi dengan sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming konten lebih detail.

Selain itu, low-blue light screen telah diverifikasi dan disertifikasi oleh SGS Eye Care Display, yang dirancang untuk melindungi penglihatan pengguna saat menggunakan perangkat dalam waktu lama.

50W Flash Charging

Di antara banyak fitur luar biasa dari Oppo Reno5, pengisian daya 50W Flash Charging yang sangat cepat adalah fitur lain yang akan mengubah kebiasaan pengguna smartphone.

Dengan daya puncak 66.6% lebih tinggi dari generasi sebelumnya, 50W Flash Charging dapat mengisi daya OPPO Reno5 hingga 80% dalam waktu 31 menit dan mengisi daya perangkat hingga 100% hanya dalam 48 menit. Baterai 4310mAh memungkinkan penggunaan perangkat sepanjang hari, bahkan untuk pengguna yang memiliki banyak aktivitas.

OPPO Reno5 juga menawarkan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB yang masih dapat diperluas maksimal dengan kartu tambahan hingga 256GB. Bersama dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G, ponsel cerdas ini menghadirkan kinerja yang cepat dengan konsumsi daya seimbang.

Inovasi Cerdas

Didukung dengan algoritma pencitraan kecerdasan buatan yang ditingkatkan, kamera depan 44MP pada OPPO Reno5 mendukung interaksi bebas sentuhan. Smart Message Privacy secara otomatis mendeteksi jika orang lain sedang melihat layar ponsel pengguna dan menyembunyikan pemberitahuan. Smart AirControl memungkinkan pengguna untuk menjawab atau mematikan panggilan dan untuk menggulir layar aplikasi dengan menggunakan gerakan tangan. Sementara Smart Always-on Display akan mencegah layar OPPO Reno5 meredup atau mati saat pengguna menggunakan telepon.

ColorOS 11.1

OPPO Reno5 adalah smartphone pertama yang dilengkapi dengan ColorOS 11.1. Pengguna OPPO Reno5 dapat mendesain tampilan Always on Display dan Dark Mode dengan berbagai pilihan tingkat kegelapan. Fitur inovatif lainnya seperti Flexdrop dan Three Finger Translate with Google Lens meningkatkan produktivitas pengguna secara signifikan.

Pada saat yang sama, Gaming Shortcut Mode, Gamer Mode, Bullet Screen Messages, dan Adjustable Gaming Touch menciptakan lingkungan dan pengalaman baru dalam bermain game. Selain itu, metode enkripsi terdepan di industri pada ColorOS11.1 telah disertifikasi oleh organisasi pihak ketiga, termasuk ISO, ePrivacy, dan TrustArc, guna memastikan informasi pribadi pengguna selalu disimpan dan ditransfer dengan aman.

Reno5 Series 

Selain OPPO Reno5 yang mulai tersedia pada Januari 2021, OPPO Indonesia juga menyiapkan perangkat OPPO Reno5 5G yang tersedia pada Februari 2021 dan perangkat yang hanya tersedia khusus di wilayah Indonesia, OPPO Reno5 F pada April 2021.

Harga dan Ketersediaan

OPPO Reno5 dapat dipesan di Indonesia secara daring ekslusif pada situs e-dagang Shopee dan secara luring pada jaringan toko OPPO Store di seluruh Indonesia mulai 13 hingga 21 Januari 2021. Secara khusus, OPPO juga menggelar flash sale melalui Shopee pada 12 Januari 2021 pada pukul 21.00 WIB hingga 23.59 WIB dan konsumen akan mendapatkan tambahan berupa Limited 3-in-1 Giftbox.

OPPO Reno5 akan tersedia dalam dua pilihan warna: Fantasy Silver dan Starry Black. Kedua varian warna OPPO Reno5 tersebut dijual dengan harga resmi Rp4.999.000. Perangkat ini akan dijual perdana pada 22 Januari 2021 dengan berbagai tambahan program menarik lainnya.

Colors Starry Black/Fantasy Silver
Size & Weight Weight: 171g

Dimensions: 159.1X73.3X7.7mm (Starry Black)

7.8mm (Fantasy Silver)

Display 6.4” AMOLED 20:9 FHD+: 2400×1080; PPI: 410

Single Punch-hole Display 90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate

Biometrics Hidden Fingerprint Unlock, In-display Fingerprint

Facial Recognition

Platform Qualcomm Snapdragon 720G Mobile Platform

8nm process Octa-core CPU up to 2.3 GHz

Memory 8GB RAM + 128GB ROM (Expand up to 256GB Micro SD)
Battery 4310mAh, 50W Flash Charge
Rear Camera 64MP Main Camera F1.7

8MP Ultra Wide-angle Camera F2.2

2MP Macro Camera F2.4

2MP Mono Camera F2.4

Front Camera 44MP Selfie Camera
Video Rear Camera:

4K@30fps;1080P@60fps/30fps;720P@60fps/30fps

Front Camera:

1080P/720P@30fps,Default: 1080P@30fps

Cellular

 

LTE-TD, LTE FDD, GSM, WCDMA

Dual SIM Support

Connectivity

 

Wi-Fi 5

Bluetooth 5.1

USB Type-C

NFC

3.5mm headphone jack

Operating System ColorOS 11.1 based on Android 11
Location Technology

 

GNSS: Built-in GPS that supports A-GPS, BeiDou, GLONASS,

Galileo, QZSS

AGPS, WLAN and cellular network positioning, electronic compass

Price Rp4.999.000

 

(Icha)

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.