Telko.id – Operator Jepang NTT DoCoMo dan portal mobile dan online service provider DeNA Co telah bekerja sama untuk percobaan sistem komunikasi 5G untuk pemantauan jarak jauh pada kendaraan otonom.

Dilaporkan TelecomAsia (15/11), ujicoba ini akan melibatkan connected cars dan pusat remote melalui jaringan 5G yang mampu memberikan kecepatan data di atas 10Gbps.

Untuk ujicoba awal, gambar video resolusi tinggi yang diambil dengan kamera HD dipasang pada kendaraan dan akan dialihkan ke pusat pemantauan secara real time, untuk memungkinkan pusat dalam memeriksa setiap penyimpangan mengemudi dan membantu penumpang bila diperlukan.

Ujicoba ini sendiri akan ditampilkan secara langsung pada DoCoMo R & D Open House 2017, yang akan berlangsung di DoCoMo R & D Center di Yokosuka Research Park dekat Yokohama pada 17-18 November mendatang.

Untuk acara tersebut, DeNA Robot Shuttle driverless bus akan digunakan untuk menampilkan transmisi video langsung dari kendaraan yang terhubung melalui jaringan 5G yang didemonstrasikan ini.

Kolaborasi ini menggabungkan teknologi 5G DoCoMo dan DeNA experience building services untuk kendaraan yang terhubung. Sekadar informasi, DoCoMo terlibat erat dalam pengembangan LTE dan 5G sistem untuk ‘vehicle-to-everything communications’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.