Telko.id – Regulator telekomunikasi Inggris, Ofcom, telah mengumumkan rencana untuk meningkatkan bandwidth yang tersedia untuk wifi di band 5 GHz dalam upaya untuk mengurangi kemacetan di band 2,4 GHz.

Sesuai ketentuan regulator, proposal diposisikan sebagai konsultasi publik, dengan 22 Juli 2016 sebagai batas akhir untuk merespon. Tujuan dibuatnya proposal ini adalah untuk membuka lebih banyak gelombang udara bagi saluran wifi sehingga lebih banyak data dapat dibawa pada kecepatan download yang lebih cepat.

Dilaporkan Telecom, Senin (16/5), masalah besar yang ditemukan Ofcom adalah bahwa saluran utama wifi – band 2,4 GHz – menjadi semakin padat. Band 5 GHz, yang digunakan secara paralel dengan 2,4 GHz dari standar 802.11n dan seterusnya, tidak hanya lebih lega tetapi memiliki lebih banyak spektrum yang tersedia. Ofcom ingin meningkatkan jumlah total saluran 80 MHz dari empat ke enam, seperti yang telah dilakukan di AS, selama beberapa tahun ke depan.

“Orang-orang menuntut broandband yang lebih besar, jadi kami perlu memastikan bahwa mereka tidak dikecewakan oleh koneksi nirkabelnya,” kata Philip Marnick, Group Director of Spectrum di Ofcom.

Ia menambahkan, Ofcom juga ingin menutup kesenjangan antara kecepatan yang diiklankan dan kinerja nirkabel yang benar-benar diterima oleh orang dan perusahaan. “Jadi kami mencari cara untuk membuka lebih banyak gelombang udara untuk wifi. Sementara itu, orang dapat memeriksa router mereka sudah up to date, dan menggunakan checker aplikasi wifi kami untuk menguji apakah itu bekerja dengan baik,” tambahnya.

Dalam dokumen yang sama, Ofcom juga mengidentifikasi band 5725-5850 MHz sebagai target jangka pendek mengingat itu dilihat sebagai sebuah band yang baik untuk berbagi dengan pengguna lain. Meskipun tidak secara khusus diidentifikasi dalam pengumuman, teknologi seperti LTE-U dan LAA cenderung telah memberikan kontribusi untuk langkah ini karena mereka berjanji untuk mengumpulkan saluran wifi lebih jauh.

“Interferensi adalah masalah untuk membangun area dimana banyak router bersaing untuk menjadi prioritas di dalam frekuensi yang sama,” ungkap Dan Howdle dari cable.co.uk. “Mereka yang memiliki koneksi broadband sangat cepat dalam banyak kasus hanya mampu memanfaatkan sebagian kecil dari kecepatan tertinggi mereka atas wifi. Langkah Ofcom untuk membuka lebih banyak bandwidth sangat penting jika kita ingin terus bergantung pada konektivitas nirkabel.”

Wifi-tap-animation

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.