Telko.id – Penyedia layanan infrastruktur nasional, FiberStar, telah memilih teknologi dan layanan Nokia untuk membantunya dalam penggelaran jaringan canggih Internet Protocol Multiprotocol Label Switching (IP /MPLS) Metro Ethernet di 48 kota di Pulau Jawa dan Bali.

Keunikan jaringan MPLS terletak pada skalabilitas dan fleksibilitasnya dalam me-relay data, memungkinkan FiberStar untuk memberikan kinerja lebih baik, meningkatkan uptime dan mengurangi network congestion. Dengan demikian, jaringan tersebut akan memungkinkan masyarakat untuk dapat menikmati broadband kecepatan tinggi dan layanan-layanan berkualitas tinggi berbasis IP lainnya.

“Jaringan IP/MPLS yang baru dan skalabel akan membantu kami memenuhi kebutuhan para konsumen,” kata Sugiharto Darmakusuma, President Director FiberStar dalam keterangan resmi.

Ia menambahkan, kerjasama FiberStar dengan Nokia dijalin lantaran kedua perusahaan memiliki cita-cita yang sama untuk mempercepat pembangunan nasional dan meningkatkan kualitas hidup orang Indonesia melalui koneksi broadband berkecepatan tinggi.

“Dengan keahlian Nokia yang telah terbukti, kami akan mampu  memberikan layanan data broadband berkecepatan tinggi, voice dan layanan TV kabel bagi pelanggan kami,” ungkapnya.

Solusi Nokia untuk jaringan FiberStar meliputi seri 7750 Service Router (SR), yang menyediakan jaringan dengan kinerja tinggi dan mendukung penyediaan layanan-layanan canggih. Hal ini membuka jalan untuk memanfaatkan layanan Software Defined Network (SDN) dan Network Functions Virtualization (NFV) masa depan.

Penggelaran jaringan tersebut juga diperkuat oleh 5620 Service Aware Manager (SAM) Nokia, yang membantu kelancaran operasi dengan mengintegrasikan IP dan lapisan-lapisan optik dari infrastruktur jaringan tersebut. Hal ini mengurangi biaya operasional dan memungkinkan FiberStar untuk menawarkan layanan-layanan yang semakin dinamis.

Menurut Robert Cattanach, President Director of Indonesia Nokia, penggelaran IP/MPLS yang baru ini, yang akan membantu FiberStar mengembangkan jaringannya demi peningkatan kualitas dan layanan baru bagi pelanggan merupakan kelanjutan dari kerjasama sebelumnya, dimana Nokia telah menggelar layanan Transport 100G untuk FiberStar di Pulau Jawa dan Bali. “Kami mengharapkan hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan dengan FiberStar,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.