Mengenang Nokia 7650, Ponsel Kamera Pertama Nokia

Nokia 7650

Telko.id- Penggemar Nokia, yang mungkin saat ini sudah tidak muda lagi, pasti tak akan lupa dengan kemampuan ponsel kamera Nokia. Ya, Nokia membenamkan kamera pertama kali nya pada seri Nokia 7650.

Nokia 7650 ini, pertama kali diperkenalkan pada Juni 2002 silam dan membawa kamera digital terintegrasi pertama yang diproduksi perusahaan ponsel asal Finlandia. Kala itu, ponsel ini termasuk kelas high end yang dibandrol dengan cukup mahal yakni 600 euro.

Memang, dijaman nya itu, kamera menjadi kemewahan padahal kemampuan kemampuan merekam gambar diam hanya berukuran VGA atau 640 x 480 pixel, yang disimpan ke dalam memori internal berukuran 4MB.

Untuk mengambil foto, Anda harus membuka keyboard karena lensa kamera berada di belakang slider. Pada saat itu, fitur kamera ini agak merusak bentuknya yang ramping, namun kebaruannya tak dapat disangkal.

Nokia 7650 hadir dengan perangkat keras kamera yang terintegrasi dan dapat menampilkan hasil jepretan kamera di layar. Nokia 7650 memiliki layar berukuran 2.1 dengan resolusi 176 x 208 px dan mampu menampilkan 4.096 warna.

Pada saat itu, baik kamera dan layar pada Nokia 7650 dapat berfungsi dengan baik. Selain melihat hasil jepretan anda sendiri, juga dapat melihat foto yang dikirimkan melalui email atau MMS.

Sedangkan untuk konektivitas, ponsel kamera pertama Nokia ini mengandalkan konektivitas 2.5G alias GPRS dengan kecepatan mencapai 40,2 kilobit per detik.

Tidak hanya itu saja, Nokia 7650 juga merupakan smartphone pertama yang menjalankan OS Symbian yang diproduksi secara massal.

Secara teknis, Communicator 9210 yang pertama, namun ini adalah perangkat khusus. Selain itu, sistem operasi yang digunakan adalah UI Seri 80, bukan Seri 60 yang lebih dikenal, yang memulai debutnya bersama 7650.

OS berjalan pada prosesor 32-bit single-core (berdasarkan ARM9), yang memiliki clock 104 MHz. Pengguna dapat melakukan sideload aplikasi yang ditulis di Java atau yang untuk sistem operasi EPOC yang lebih lama ( pendahulu Symbian )

Kembali ke soal kamera, kamera Nokia 7650 menghasilkan foto berukuran 640 x 480 px dalam format JPG, dan membutuhkan ruang sekitar 33 kilobyte. Ini adalah kompresi yang cukup berat, apalagi ponsel ini hanya memiliki 4 MB penyimpanan dan tidak ada slot untuk kartu memori.

Untuk menu kamera, ada dua mode pemotretan tambahan – potrait (dimaksudkan untuk foto ID penelepon) dan malam ( meningkatkan ISO).

Ketika melihat hasil jepretan, anda dapat memperbesar untuk melihat lebih dekat dan memutarnya. Namun, karena kapasitas memori yang terbatas anda harus segera menghubungkan ponsel ke komputer untuk memindah foto dan mengosongkan beberapa ruang untuk foto baru.

Ketika Nokia 7650 diperkenalkan di Barcelona pada November 2001, CEO Jorma Ollila menyebutnya sebagai peluncuran terpenting tahun ini. Memang, Symbian membantu Nokia menaklukkan pasar smartphone dan hasratnya pada fotografi menjadi pendorong utamanya.

Itulah alasan mengapa 7650 layak mendapat tempat di Hall of Fame seluler. Tahun berikutnya, Nokia 3650 diperkenalkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Sebagai tambahan, Nokia 7650 juga muncul dalam film Hollywood, di antaranya Minority Report dan Tomb Rader: The Cradle of Life. (Bagus/Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.