Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Operator Ini Terinfeksi DDos Karena Pelanggannya Sendiri

Telko.id – Operator asal Singapura,  StarHub menyalahkan serangan DDoS yang berasal dari perangkat pelanggan yang terinfeksi ‘sendiri untuk dua kasus matinya arus broadband selama beberapa hari terakhir.

Pada konferensi pers kemarin, StarHub mengumumkan temuan terbaru dari penyelidikan atas downtime yang terjadi pada tanggal 22 hingga 24 Oktober, TelecomAsia melaporkan (27/10).

Kedua momen dimana matinya arus broadband tersebut berlangsung selama sekitar dua jam, hal ini tentu saja menyebabkan banyak pelanggan broadband rumahan tidak dapat menjelajahi situs web karena lonjakan lalu lintas DNS yang berasal dari engine yang terinfeksi.

Karena lalu lintas berasal dari pelanggan StarHub sendiri. Tapi ketika serangan itu terdeteksi, StarHub menyaring lalu lintas secara manual  dari perangkat yang terinfeksi untuk memulihkan layanan bagi pelanggan lainnya.

StarHub juga telah mengumumkan rencananya untuk mengirim teknisi untuk membantu pelanggan membersihkan perangkat yang terinfeksi di rumah mereka.

Sementara itu, Badan Keamanan Cyber Singapura dan Infocomm Media Development Authority telah mendesak operator untuk memperkuat pertahanan mereka terhadap serangan DDoS, dan mencatat bahwa hal ini menandai pertama kalinya Singapura telah mengalami hal semacam itu dan serangan terhadap infrastruktur jaringan.

Lebih lanjut, Darktrace managing director untuk APAC, Sanjay Aurora mengatakan bahwa operator dan ISP cenderung menemukan diri mereka sebagai target serangan dan ini kian hari kian meningkat.

“Infrastruktur inti perusahaan telekomunikasi adalah target yang sangat diinginkan oleh kriminal di dunia maya [tapi] mendapatkan akses kesana bukanlah perkara mudah dan membutuhkan keahlian yang mendalam dalam arsitektur spesialis,” katanya.

“Apa yang harus diwaspadai ISP adalah kemungkinan serangan DNS amplifikasi yang sama secara lebih teratur, mengingat bahwa mereka memerlukan relatif sedikit keterampilan dan usaha tetapi dapat menyebabkan sejumlah besar kerusakan. Hal ini membuat mereka semakin populer di kalangan hacker. “

Dia juga mengatakan bahwa serangan DDoS berbasis DNS-bisa berdampak pada jaringan dengan menjenuhkan bandwith pada lalu lintas berbahaya, sementara juga meningkatkan volume paket yang dikirim dan berdampak negatif pada pengalaman pelanggan dan pada akhirnya pendapatan dari operator tersebut.

Aurora menambahkan bahwa ada kemungkinan serangan DDoS disebabkan oleh Mirai, yakni sebah botnet IOT yang bertanggung jawab atas serangan DDoS baru-baru ini terhadap penyedia layanan DNS yang berbasis di Amerika Serikat, Dyn. Serangan ini digunakan terinfeksi perangkat IOT.

Latest

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan...

Jelajahi Keajaiban AI Eraser & AI Smart Image Matting di Oppo Reno11 F 5G

Telko.id - Oppo bersama grup K-Pop populer BSS (Seventeen)...

Telkomsel Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Telko.id - Telkomsel melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR)...

Rahasia Samsung Bertahan 15 Tahun di Peringkat Satu Global Signage

Telko.id - Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan prestasinya sebagai...

Rekomendasi

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...

Ini Operator Seluler Indonesia Yang Jadi Global Rising Star versi OpenSignal!

Telko.id – OpenSignal baru saja mengeluarkan laporannya dalam Global Mobile Network Awards 2022. Dari deretan operator dunia, ada operator seluler di Indonesia yang masuk...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini