Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Menurut nPerf, Telkomsel Miliki Performace Mobile Internet Terbaik di 2018

Telko.id – Dengan banyak nya para pengguna Smartphone, banyak juga yang sering melakukan test terhadap jaringan operator di Indonesia menggunakan aplikasi. Salah satu nya adalah nPerf speed test. Nah, dari data yang dikumpulkan dari 636757 tests termasuk tes kecepatan, tes streaming, dan tes penelusuran.

Jaringan di Indonesia, jika dilihat dari data yang terkumpul, masih kurang, terutama dari sisi kapasitas. Apalagi ketika nPerf melihat kecepatan pengunduhan, memang sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan yang terbatas untuk penggunaan intensif seperti streaming video dalam definisi tinggi. Hanya Smartfren yang menyediakan kecepatan unduhan yang cukup untuk penggunaan intensif.

Dari data yang terkumpul, Telkomsel menempati posisi pertama, XL Axiata kedua dan Smartfren ketiga. Ini hasil yang tidak terduga. Meskipun, Smartfen memiliki hasilnya bagus selama paruh pertama tahun 2018, namun ternyata belum bisa mengalahkan Telkomsel.

Telkomsel adalah operator yang melakukan yang terbaik pada tahun 2018. Hal ini dilihat dari kecepatan unggah yang sangat baik dan tingkat kinerja penelusuran yang signifikan. Menurut metodologi penilaian kami, dengan 23 185 nPoints, menjadikan Telkomsel adalah operator seluler yang telah memberikan kualitas pengalaman terbaik kepada pelanggannya.

XL Axiata, penantang baru

Dengan berbagai langkah strategi nya, ternyata XL berhasil memberikan pengalaman yang baik bagi para pelanggannya. Terbukti dari data yang terkumpul di nPerf operator ini mampu berada di posisi kedua dengan kinerja yang sangat baik, terutama dalam kecepatan unggah (5,01Mb / s), latensi, penelusuran, dan streaming.

Smartfren, Punya Kecepatan Unduh Terbaik dan Kinerja LTE-Advanced Terbaik

Meskipun menempati posisi ketiga, Smartfren adalah operator seluler yang telah memberikan kecepatan unduhan terbaik (14,77 Mb / s) jauh di depan Telkomsel (8,06 Mb / s). Kinerja yang sangat baik ini berasal dari hasil yang kuat di LTE-Advanced. Memang, Smartfren tampaknya menjadi satu-satunya operator yang benar-benar mengembangkan jaringan LTE Advanced-nya. Dengan tingkat koneksi 39,72%, Smartfren jauh di depan dari para pesaingnya yang tarifnya tidak melebihi 6%!

Selain itu, Smartfren menghadirkan latensi yang sempurna untuk para gamer.

Pertarungan untuk pertunjukan jaringan sangat sulit, dan, pada saat yang sama, bermanfaat bagi pelanggan Indonesia yang menikmati pertunjukan yang semakin baik setiap hari.

Indonesia sendiri menurut nPerf memiliki kondisi jaringan seluler yang unik karena ukuran dari negara nya yang cukup besar. Itu sebabnya, untuk para pengguna speed test nPerf, perlu memeriksa konsisi jaringan di wilayah nya masing-masing, karena bisa saja, kondisinya tidak sama di wilayah lainnya. Namun secara global Telkomsel memberikan kinerja jaringan seluler internet 2018 terbaik.

Jumlah dan distribusi data

Data yang terkumpul melalui aplikasi nPerf ini berasal dari 1 Januari 2018 dan 31 Desember 2018. Pengguna pun dapat melakukan tes secara keseluruhan maupun terpisah. Total data yang terkumpul adalah 636 757 tes.

Secara total, data yang terkumpul adalah  sebagai berikut. Untuk teknologi 2G/3G/4G, speed yang diperoleh 217.177, browing 103.234 dan Streaming 70.559.

Jika di breakdown berdasarkan operator:

Untuk sukses ratio atau tingkat keberhasilan dibandingkan dengan jumlah test yang dilakukan.

Downloadspeed2G/3G/4G 

Yang menduduki posisi teratas adalah Smartfren karena telah memberikan kecepatan unduhan rata-rata terbaik selama tahun 2018.

Smartfren dan XL Axiata telah meningkatkan throughput unduhan mereka sebesar 54% (masing-masing + 5Mb / s dan +2,5 Mb / s) dibandingkan dengan 2017. 

Sedangkan Indosat Ooredo, kecepatan download bitrates rata-ratanya telah meningkat sejak Agustus lalu.

Uploadspeed2G/3G/4G

Ternyata, Telkomsel memberikan kecepatan unggah terbaik di tahun 2018.

Kecuali BOLT !, semua operator baru terlihat telah meningkat dari Mei throughput unggahan mereka.

Latency2G/3G/4G

Smartfren memberikan latensi rata-rata terbaik selama tahun 2018.

Grafik ini menggambarkan kemampuan penyedia untuk mempertahankan latensi yang konstan selama tahun berjalan, terlepas dari beban jaringan (jumlah klien yang terhubung).

Latensi cenderung bertemu pada akhir tahun.

Browsingtest2G/3G/4G

Kinerja rata-rata dari waktu pemuatan 5 situs web yang paling sering dikunjungi oleh pengguna Internet Indonesia (tidak termasuk YouTube).

Selama tahun 2018, Telkomsel menunjukan kinerja terbaik dalam browsing internet.

Grafik ini menggambarkan kemampuan operator untuk mempertahankan kinerja penelusuran konstan selama tahun tersebut, terlepas dari beban jaringan (jumlah klien yang terhubung).

Streamingtest2G/3G/4G

Mengukur kualitas menonton video di platform streaming YouTube. BOLT! ternyata telah menunjukan tingkat kinerja terbaik dalam streaming video selama tahun 2018. XL Axiata tidak jauh dari BOLT! pada kinerja streamingnya.

Grafik ini menggambarkan kemampuan penyedia untuk mempertahankan kinerja streaming yang konstan selama tahun tersebut, terlepas dari beban jaringan (jumlah klien yang terhubung).

4G dan 4G+ Connection Rate

Data nPerf digunakan untuk menentukan tingkat koneksi 4G dan 4G +. Indikator-indikator ini dihitung dari data uji dari aplikasi nPerf.

Prinsipnya sederhana: untuk setiap operator, jumlah tes yang dilakukan dalam 4G atau 4G + pada jumlah total tes seluler dihitung. Untuk relevansi hasil, semua tes yang dilakukan pada terminal yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan manfaat dari 4G tidak dimasukkan sebelumnya.

Catatan penting: nPerf tidak memiliki kemampuan untuk membedakan penawaran komersial. Akibatnya, meskipun jumlahnya sedikit, pengguna yang tidak mendapat manfaat dari paket 4G tetapi yang memiliki ponsel 4G tidak dikecualikan dari hasilnya.

Tingkat koneksi 4G

Berdasarkan data statistic yang tercatat melalui aplikasi nPerf, terdapat 266 446 tes yang dilakukan pada terminal 4G.

Smartfren mendapatkan tingkat koneksi 4G + / LTE-CA terbaik untuk tahun 2018.

Grafik ini menggambarkan evolusi tingkat koneksi 4G + sepanjang tahun.

Kami mencatat bahwa Indosat Ooredoo, XL Axiata dan Telkomsel baru mempercepat penyebaran 4G + mereka pada bulan september lalu.

2G/3G/4GnPerfScore

Skor nPerf, dinyatakan dalam nPoints, memberikan gambaran keseluruhan kualitas koneksi. Ini menyumbang 60% dari kecepatan yang diukur (80% ke bawah + 20% unggahan) dan untuk 40% dari tes QoS, bagian yang sama antara navigasi dan streaming.

Dengan demikian, skor ini mencerminkan kualitas koneksi secara keseluruhan yang dirasakan oleh pengguna.

Harap dicatat bahwa rumus perhitungan untuk skor telah berevolusi pada 1 Januari 2018, jadi tidak mungkin untuk membandingkan skor nperf dalam publikasi ini dengan yang dari barometer untuk tahun-tahun sebelumnya.

Hasil di bawah ini mempertimbangkan semua indikator sebelumnya dan oleh karena itu semua tes dilakukan. Ketika teknologi dikelompokkan bersama, proporsi pengujian dalam berbagai teknologi sangat mempengaruhi tren global ini. Ini menunjukkan peringkat umum penyedia untuk seluruh Indonesia.

The best mobile Internet performance in 2018

Berdasarkan data yang terkumpul maka Telkomsel menjadi The best mobile Internet services in 2018.

Evolusi skor rata-rata keseluruhan sepanjang tahun 2018. Jaringan BOLT terputus pada akhir tahun 2018 sehingga skor Desember turun menjadi 0. Skor cenderung menyatu di akhir tahun meskipun Telkomsel dan XL Axiata tetap satu. selangkah lebih maju. (Icha)

Sumber :

https://blog.nperf.com/telkomsel-provided-the-best-mobile-internet-services/

 

 

 

 

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

Ramadan Dan Lebaran, Trafik Internet Telkomsel Naik 12.87 Persen

Telko.id – Momen libur Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik internet Telkomsel meningkat hingga 12.87 Persen dibandingkan hari biasa atau 15.08 persen lebih tinggi...

Telkomsel Siaga RAFI 2024, Berangkatkan 1.100 Pemudik

Telko.id - Dalam rangkaian Telkomsel Siaga RAFI 2024, operator ini menghadirkan program Mudik Hepi Telkomsel Poin. Program ini yang mengajak para pelanggan setia Telkomsel dan...

Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan eSIM, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Telkomsel resmi meluncurkan layanan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) bagi seluruh pelanggannya di tanah air dan di luar negeri. Teknologi eSIM memungkinkan pelanggan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini