Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Mengenal Broadband, Narrowband dan Apa Perbedaannya?

Telko.id – Saat ini perkembangan internet secara tidak langsung membangkitkan rasa ingin tahu dari masyarakat umum terhadap istilah-istilah yang ada dan terkait dengan jalur internet.

Mulai dari 4G, Carrier Aggregation, Broadband hingga yang paling lawas yaitu Narrowband. Tulisan kali ini akan membahas mengenai Broadband dan Narrowband serta perbedaan dari keduanya.

Apa Itu Narrowband?

Narrowband atau saluran komunikasi data pita sempit yang sering di umpamakan suatu koneksi internet melalui saluran telepon yang hanya mempunyai kecepatan koneksi rendah ke internet dengan modem Dial – Up sebesar 56 Kbps. Penggunaan modem analog (Dial-Up) membuat tumpang tindih dengan line telepon yang akan membuat line telepon akan mati ketika Dial – Up ini digunakan.

Penggunaan modem analog ini atau Dial Up ini sejatinya akan membuat pengguna ‘berebut’  dengan komputer lain yang menggunakan fasilitas ini juga. Semakin banyak orang yang mengakses dengan mode ini maka releabilitas koneksi menjadi tidak stabil atau sering terjadi disconnected (dc).

Sebagai contoh, di sebuah jalan yang hanya muat untuk 5 mobil, namun mobil yang ada di jalan tersebut berjumlah 7 mobil. Hal ini akan menyebabkan saling berebut antara mobil-mobil yang ada.

Berikut beberapa contoh teknologi yang tergolong Narrowband :

  • T-1 pada 1,54 Mps melalui media fiber optik, infra merah, gelombang mikro atau dua pasang kabel.
  •  Jalur telepon analog pada 3000 Hz, pada POTS (Plain Old Telephone Service), atau infrastruktur telepon biasa. Untuk memanfaatkan data digital pada teknologi ini ditambahkan perangkat modem, yang berfungsi untuk membawa data dari komputer digital.
  • BRI ISDN pada 144 kbps. Dua jalur untuk suara dan data, masing-masing pada 64 kbps. Satu jalur untk sinyal 16 kbps.

Apa Itu Broadband?

Istilah Broadband merupakan sebuah istilah yang sering kita dengar dewasa ini, bahkan kehadirannya pun saat ini terkesan menggantikan Narrowband. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya warnet (warung Internet) tradisional yang tutup dikarenakan masih menggunakan teknologi Narrowband dengan kecepatan internet yang tergolong lambat.

Broadband sendiri merupakan sebuah istilah dalam internet yang memiliki arti koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

Akses internet jalur lebar menjadi pasar yang tumbuh dengan cepat dalam banyak bidang industri di awal 2000-an, satu penelitian menemukan bahwa penggunaan internet jalur lebar di Amerika Serikat tumbuh dari 6% pada Juni 2000 dan angka tersebut bertambah hingga sekitar 30% pada 2003.

Beberapa implementasi modern dari jalur lebar telah mencapai kecepatan 20 Mbps, beberapa ratus kali lebih cepat dari yang ada pada awal internet dan biayanya juga lebih murah.

Broadband yang paling popular untuk dipakai di rumahan adalah ADSL (Asymmetric Digital Subscribe Line). Keandalan dari broadband tipe ini adalah pemakaian jaringan kabel telepon yang tidak sama dengan telepon regular dimana ADSL menggunakan frequency tinggi sementara kabel telpon menggunakan frequency rendah, sehingga sama sekali tidak saling meganggu. Hal ini membuat end user bisa memakai telepon bersamaan dengan layanan internet DSL ini.
Sebagai perbandingan jika menggunakan modem analog atau PSTN maka anda harus memilih salah satu, jika koneksi tersambung maka telepon terputus, tapi tidak dengan tipe layanan ini. Secara umum kecepatan upload lebih rendah dibandingkan kecepatan download dengan tipe ADSL, karena kebanyakan perumahan-perumahan menggunakan layanan internet untuk surfing saja, tidak seperti perusahaan yang setiap harinya harus men-attach e-mail secara besar-besaran. Maka mereka menggunakan SDSL. Kecepatan download tergantung dari tipe DSL yang dipakai biasanya berkisar antar 256KBps sampai dengan 24.000KBps.
 
Dengan kecepatan yang relatif tinggi pada saat menggunakan DSL, maka dapat memungkinkan pengguna untuk mengalirkan internet dirumah. Beberapa alat yang sering kita dengar juga merupakan alat untuk teknologi ini seperti, modem, switch, router,firewall, dan access point dalam satu piranti sehingga dapat membuat accsess wi-fi sendiri dirumah dengan lebih mudah dan efisien.
Setelah mengetahui penjelasan singkat dari Narrowband dan juga Broadband, terlihat jelas apa perbedaan dari keduanya. Seperti kecepatan internet, teknis implementasinya serta teknologi yang digunakan.

Latest

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development...

Rekomendasi

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...

Ini Operator Seluler Indonesia Yang Jadi Global Rising Star versi OpenSignal!

Telko.id – OpenSignal baru saja mengeluarkan laporannya dalam Global Mobile Network Awards 2022. Dari deretan operator dunia, ada operator seluler di Indonesia yang masuk...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini