Latest Phone

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Bharti Airtel Akuisisi Spektrum 4G Milik Tikona

Telko.id – Bharti Airtel (23/3) mengatakan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian definitif dengan Tikona Digital Networks untuk mengakuisisi bisnis 4G Tikona, termasuk Broadband Wireless Access (BWA) spektrum di lima circle dan 350 sites.

Hal ini prediksi oleh banyak pihak dilakukan karena melihat momentum di mana dua perusahaan telko lain di India sudah lebih dahulu merger dan akuisisi yakni Idea dan Vodafone. Targetnya adalah untuk bisa memenangkan persaingan, seperti yang dilansir dari Indiatimes.

Sebulan sebelumnya, Bharti Airtel pun telah menandatangani perjanjian definitif dengan Telenor Asia Selatan Investments Pte Ltd untuk mengakuisisi Telenor (India) Komunikasi Private Ltd Airtel. Langkah pengambil alih Telenor India ini akan segera dilakukan begitu semua persetujuan yang diperlukan diterima.

Kesepakatan itu secara signifikan akan memperkuat posisi spektrum Airtel di Gujarat dan Himachal Pradesh. Di mana Airtel akan mengambil spektrum BWA secara keseluruhan sampai 30 MHz dalam masing-masing circle. Yang akhirnya, jika kesepakatan selesai maka operator ini akan memiliki 30 MHz pada pita 2300 MHz di 13 lingkaran. Tentu hal ini memberikan keuntungan luar biasa untuk menangani permintaan data yang terus melonjak.

Tikona saat ini memiliki spektrum MHz 20 pada pita 2.300 MHz di Gujarat, UP (East), UP (Barat), Rajasthan dan lingkaran Himachal Pradesh. Airtel berencana untuk roll-out layanan 4G yang berkecepatan tinggi pada spektrum yang baru diperoleh dalam lima circle tersebut segera setelah penutupan transaksi.

Sesuai perjanjian, akuisisi bisnis 4G di Gujarat, UP (East), UP (Barat) dan Himachal Pradesh akan dilakukan oleh Airtel, sementara di lingkaran Rajasthan, itu akan dilakukan melalui anak perusahaan yakni Airtel Bharti Hexacom Limited. Pasca-akuisisi, spektrum holding gabungan Airtel di lima circle tersebut akan berada dalam spectrum caps yang ditentukan oleh Pemerintah.

Akuisisi yang diusulkan ini memungkinkan Airtel untuk mengisi kesenjangan spektrum BWA pada pita 2300 MHz di Rajasthan, UP (East) dan UP (Barat), dengan demikian akan mengamankan bisnis Airtel di India.

“Fokus lanjutan Airtel adalah penguatan kemampuan di 4G terutama di beberapa band spektrum. Adanya akuisisi dengan Tikona akan melengkapi spektrum BWA kami. Kami juga percaya bahwa menggabungkan kapasitas kami di TD-LTE dan FD-LTE akan lebih meningkatkan jaringan kami, dan membantu kami menyediakan pengalaman broadband nirkabel berkecepatan tinggi kepada pelanggan kami,” kata Gopal Vittal, MD & CEO (India & Selatan Asia), Bharti Airtel.

Gopal juga menambahkan bahwa “Kami tetap berkomitmen untuk visi kami memimpin revolusi digital India dengan menawarkan layanan telekomunikasi kelas dunia yang terjangkau melalui portofolio spektrum yang kuat tersebar di beberapa band”. (Icha)

Latest

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id - PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code:...

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy...

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP, Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Telko.id - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan...

Telkomsel Ramadan Insight 2024, Panduan Bagi Para Pelaku Bisnis

Telko.id - Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali...

Rekomendasi

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...

Ini Operator Seluler Indonesia Yang Jadi Global Rising Star versi OpenSignal!

Telko.id – OpenSignal baru saja mengeluarkan laporannya dalam Global Mobile Network Awards 2022. Dari deretan operator dunia, ada operator seluler di Indonesia yang masuk...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini