Telset

Telko.id, Jakarta – Toyota berencana untuk menghadirkan fitur untuk mematikan mesin secara otomatis pada mobil masa depan mereka, mirip teknologi pada motor matic yang beredar saat ini yang bernama Idling Stop System (ISS). Bedanya, selain untuk efisiensi energi, teknologi itu berguna demi keselamatan pengemudi.

Menurut Toyota, fitur bernama Auto Shut Off tersebut akan secara otomatis mematikan mesin setelah jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan demikian, pengguna tak perlu khawatir jika mobil dibiarkan menyala.

Dilansir Ubergizmo, seperti dikutip Telko.id, Jumat (14/06/2019), selain fitur Auto Shut Off, mobil masa depan Toyota juga bakal terkoneksi dengan aplikasi di smartphone. Nantinya, aplikasi berfungsi sebagai pengingat tambahan untuk para pengguna atau pengemudi.

{Baca juga: Toyota Bikin Robot yang Jago Main Basket}

Perusahaan mengumumkan pula bahwa mobil masa depan miliknya akan datang dengan fitur parkir otomatis. Namun, jangan disangka mobil Toyota bakal bisa parkir sendiri tanpa bantuan pengemudi, karena sifatnya hanya mendeteksi.

Artinya, apabila pengemudi keluar dari kendaraan tanpa menempatkan posisi persneling dalam posisi parkir, fitur akan membantu untuk menempatkannya di mode P atau mode parkir. Dengan demikian, mobil dipastikan tetap aman ketika diparkir.

{Baca juga: Jepang Perkenalkan Robot Relawan di Olimpiade Tokyo 2020}

Perusahaan asal Jepang ini sengaja menghadirkan fitur itu demi keselamatan yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko mobil terguling karena pengemudi lupa menarik rem tangan atau menampatkan persneling ke mode parkir.

Fitur-fitur baru tersebut diharapkan benar-benar hadir di mobil Toyota pada 2020 mendatang. Jadi, Anda bisa menimbangnya mulai sekarang untuk menunda membeli mobil baru demi bisa mengakses fitur yang dihadirkan Toyota. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.