Telko.id, Jakarta – Mitsubishi Heavy Industries memperkenalkan dua robot pemadam kebakaran baru bernama Water Cannon Robot dan Hose Extension Robot. Keduanya didesain untuk membantu para petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api yang dianggap terlalu berbahaya bagi manusia.

Kedua robot ini merupakan spesialis kebakaran di pabrik kimia. Menurut Slashgear, dikutip Telko.id, Kamis (28/03/2019), Mitsubishi Heavy Industries melakukan demonstrasi secara terbuka terhadap dua robot baru itu di Tokyo, Jepang pada minggu lalu.

Seperti namanya, Water Cannon Robot adalah sebuah mesin otonom yang dilengkapi sarana penyemprot air bertenaga kuat untuk memadamkan api besar.

{Baca juga: Peneliti Ciptakan Kulit Elektronik yang Bisa Sembuh Sendiri}

Bagaimana dengan Hose Extension Robot? Hose Extension Robot merupakan selang sepanjang 300 meter yang berfungsi menyuplai air ke Water Cannon Robot. Keduanya saling melengkapi.

Water Cannon Robot dan Hose Extension Robot bekerja sama dengan robot pengawas yang bisa dioperasikan di darat dan di udara. Ketiganya saling terhubung berkat sistem komando utama.

Saat dibutuhkan, mesin-mesin itu akan menjadi Firefighting Robot System. Informasi menyebut, Firefighting Robot System merupakan proyek Badan Manajemen Bencana dan Kebakaran Jepang.

Kabar terbaru menyatakan, Institut Penelitian Kebakaran dan Bencana Nasional Tokyo telah melakukan demonstrasi robot-robot buatan Mitsubishi Heavy Industries pada 22 Maret 2019 lalu.

{Baca juga: “Gak Pake Lama”, Robot Ini Bisa Masak Ribuan Makanan Jepang}

Ada berbagai teknologi yang ditanamkan di robot tersebut, termasuk sensor laser, GPS, dan penyemprot air. Water Cannon Robot juga bisa menyemburkan air bertekanan 1.0MPa per menit. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.