Telko.id – Operator 4G TDD, Smartfren baru-baru ini bekerjasama dengan brand smartphone asal China, Lenovo melakukan program bundling Lenovo A6010 dengan paket perdana Smartfen 4G LTE Advanced.

Lewat bundling ini, pengguna Lenovo A6010 tidak hanya akan diuntungkan dengan data 2GB yang dapat digunakan hingga lima hari setelah aktivasi. Mereka juga akan mendapatkan top up bonus sebesar 500 MB data untuk setiap isi ulang min Rp 20 ribu (max 12 kali isi ulang dalam jangka waktu 12 bulan).

Tim Telko.id mendapatkan kesempatan untuk menguji jaringan 4G LTE Smartfren dengan smartphone Lenovo A6010. Dengan berbekal benchmark speedtest dan nperf, kami mencoba melakukan pengujian di tiga lokasi di Jakarta.

Ketiga lokasi tersebut adalah jalan Sabang, kawasan Thamrin dan kawasan sentral bisnis SCBD. Adapun alasan pemilihan tempat ini dikarenakan lokasi tersebut menjadi lokasi sibuk di Jakarta. Selain itu, beberapa pusat perbelanjaan mewah juga terdapat di tiga lokasi ini. Berikut hasil pengujian jaringan 4G LTE Smartfren di tiga lokasi tersebut menggunakan benchmark speedtest dan nperf.

coverage
Berdasarkan hasil nperf tersebut, kawasan Jabodetabek sudah tercover penuh oleh jaringan 4G dari Smartfren, bahkan di beberapa titik di Jabodetabek. Nperf juga mencatat di kawasan Bekasi terdapat beberapa titik yang belum tercover jaringan 4G mereka.

Kawasan Sabang

Lokasi ini sejatinya merupakan “markas besar” dari operator 4G TDD ini. Dari pengujian menggunakan speedtest kami mendapatkan hasil kecepatan maksimal untuk download mencapai 25.82 Mbps. Sementara untuk kecepatan upload, operator TDD ini hanya mampu memberikan kecepatan maksimal sebesar 5.43 Mbps.
speedtest1Sementara menggunakan benchmark nperf, Smartfren 4G menyediakan kecepatan download sebesar 31.76 Mbps dan kecepatan upload 4.12 Mbps.

Kawasan Thamrin

Aplikasi Speedtest mencatat kecepatan maksimum di wilayah Thamrin untuk download adalah 27.34 Mbps dan untuk kecepatan upload berada pada angka 7.77 Mbps.spedtest2
Sementara untuk nperf, aplikasi ini mencatat kcepatan maksimal download mencapai 31.76 Mbps dan untuk kecepatan upload mencapai 7.76 Mbps.

Kawasan SCBD

Kawasan ini menjadi wilayah terakhir pengujian. Pada kawasan ini, kecepatan internet 4G Smarfren tidak bisa dibilang mengesankan. Bahkan, bisa dikatakan anjlok. Hal ini tergambar dari hasil dua benchmark yang  kami gunakan.
nperf
Pada aplikasi nperf saja, Kecepatan maksimum untuk download hanya berada pada angka 0.78 Mbps, sementara untuk upload mencapai kecepatan 3.16 Mbps. Sementara untuk Speedtest, angka yang dihasilkan pada benchmark mencapai 3.57 Mbps untuk kecepatan download dan 2.34 Mbps untuk kecepatan upload.
speedtest 3
Dari hasil tersebut, kami berasumsi bahwa kecepatan upload data pada jaringan 4G Smartfren masih tergolong lemah, namun kecepatan download tergolong cepat dengan rata-rata 17.99 Mbps.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.