Telko.id – Perjalanan kembali ke kampung halaman – atau yang akrab disebut mudik – merupakan tradisi penting menjelang Lebaran. Libur Lebaran yang cukup panjang memungkinkan para perantau untuk pulang dan merayakan momen Lebaran bersama dengan keluarga.

Berdasarkan data BPS dari sensus penduduk terakhir (tahun 2010), setidaknya 12% dari 237 juta populasi Indonesia merupakan perantau, yaitu 28,4 juta orang. Menjelang libur Lebaran tahun 2019, Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa jumlah pemudik akan mencapai 18,29 juta orang. Dari jumlah tersebut, 14,9 juta diantaranya merupakan warga Jabodetabek.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, ribuan masyarakat Indonesia dapat melakukan mudik melalui tol Trans Jawa yang membentang lebih dari 1.000 kilometer, serta menghubungkan Jakarta dan Surabaya.

Tol ini telah dilengkapi dengan 55 rest area untuk menjadi titik peristirahatan.  Namun demikian, Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2019 akan menyebabkan kemacetan karena volume kendaraan yang menumpuk di titik-titik tertentu.

Untuk membantu para pemudik beristirahat di tengah perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan, Traveloka memiliki beberapa fitur canggih agar pengguna dapat melakukan pemesanan hotel last-minute, kapan saja dan dimana saja.

Melalui aplikasi seluler dan website, pengguna dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan titik lokasi, anggaran, hingga fasilitas yang diinginkan. Fitur ini sangat berguna bagi pemudik yang lupa memesan penginapan atau memutuskan untuk menginap sewaktu-waktu untuk beristirahat.

Selama ini, pemesanan hotel ketika mudik seringkali terkendala masalah okupansi. Karena banyaknya permintaan, banyak hotel menjadi full atau mengalami kenaikan harga. Namun, Traveloka memudahkan pengguna untuk mengatasi masalah ini.

Dimanapun mereka berada, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur pencari hotel terdekat (‘hotel near me’), sehingga mereka hanya akan mendapatkan pilihan akomodasi berdasarkan jarak radius terkecil.

Untuk memberikan hasil pencarian yang lebih akurat, Traveloka juga menawarkan filter berdasarkan jumlah bintang hotel, harga, fasilitas, hingga tipe akomodasi non-hotel, seperti apartemen atau homestay.

Bagi pemudik yang melakukan perjalanan bersama keluarga, mereka dapat mengaktifkan opsi pencarian khusus untuk akomodasi yang ramah-anak. Jika membutuhkan bantuan lain, Traveloka memiliki kolom untuk ‘permintaan khusus/special request. Ingin check-in lebih awal? Atau ingin menambah jumlah kasur di kamar? Semuanya dapat dilakukan hanya semudah mengetik di ponsel pintar.

Banyaknya layanan pembayaran yang ditawarkan Traveloka juga semakin memudahkan pemesanan hotel instan. Pengguna tidak perlu memiliki kartu kredit atau membayar terlebih dahulu, karena sekarang Traveloka memiliki fitur Pay Later dan Pay at Hotel. Jadi, pengguna bisa melunasi pembayaran saat sudah sampai di penginapan, atau bisa juga di akhir bulan ketika tagihan sudah keluar.

Sebagai perusahaan solusi travel online ternama di Indonesia, Traveloka telah bermitra dengan ratusan ribu penginapan mulai dari hotel, hostel, hingga apartemen, untuk melayani pengguna di seluruh daerah Indonesia dan luar negeri. Sehingga, kapanpun dan dimanapun mereka berada, pengguna tidak perlu lagi khawatir akan kehabisan tempat walaupun melakukan pemesanan mendadak. Perjalanan mudik bersama orang-orang tersayang pun semakin lancar dan nyaman.

Untuk membantu jutaan pemudik yang akan melakukan perjalanan panjang, ada promo Lebaran untuk hotel dan tiket pesawat di Traveloka. Pada tanggal 25 Mei hingga 6 Juni 2019, pengguna bisa mendapatkan diskon 10% hingga Rp1 juta untuk pemesanan paket hotel dan tiket pesawat minimal sejumlah Rp2,5 juta melalui aplikasi Traveloka.(Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.