Telko.id – Consumer Electronics Show 2016 baru saja digelar di Las Vegas, Amerika. Pada ajang ini, berbagai macam teknologi baru diperkenalkan. Terutama yang berkenaan dengan internet of things yang menjadi masa depan dunia digital. Salah satu yang ikut berperan adalah perusahaan chipset asal Taiwan yakni Mediatek.

Pada ajang bergengsi ini, Mediatek memperkenalkan tiga chispet terbaru nya yakni MT7697. Chipset ini diperuntukan sebagai jembatan untuk sebuah smart device, tablet dan smartphone untuk dapat berkoneksi dengan cloud. Terutama untuk berbagai peralatan dirumah.

“Chipset MT7697 ini merupakan produk dengan level yang tinggi untuk integrasi tetapi konsumsi power yang rendah. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan di rumah. Hal itu membuat produk ini menjadi pemimpin untuk masa depan inovasi smart home applications,” ujar JC Hsu, Corporate Vice President and general Manager of Business IOT Business Unit Mediatek menjelaskan.

Mediatek MT7697 ini berteknologi BLE atau Bluetooth Low Energy (BLE) dan mendukung juga integrasi dengan SoCs, kombinasi dan optimalisasi DB WiFi, BLE, CM4 dan RAM. Selain itu juga sudah ada di dalamnya power amplifier dengan TX power berkekuatan up to 10 decible-milliwatts (dBm). Untuk device dengan platform iOs sudah ditanamkan BLE yang mendukung up to 160 byte Maximum transmisiion unit (ATT_MTU).

Untuk koneksi jangkauan yang lebih luas, MT7697 ini didukung juga dengan WiFi. Dengan demikian, untuk koneksi internet di rumah dapat menggunakan ke dua teknologi tersebut. Selain itu, produk ini juga sudah mendukung dual band yakni di frekuensi 2.4GHz dan 5 GHz. Rencananya, produk ini mulai diluncurkan secara luas pada semester pertama di 2016.

Kenapa Mediatek begitu antusias meluncurkan produk yang begitu beragam? Ya, karena Mediatek melihat bahwa saat ini adalah waktu nya display. Di mana, berbagai informasi selalu akan dicari melalui berbagai media yang memiliki display. Baik itu TV, mobile handset, tablet atau beragam device lainnya.

Untuk itu, Mediatek juga menyediakan chipset khusus untuk home entertainmen yakni MT8581 yang sudah diklaim merupakan chipset pertama di dunia yang sudah mendukung Ultra-HD 4K Blu-ray player SoC dengan High Dynamic Range.

Lalu, Mediatek juga meluncurkan chipset yang diproduksi Wearables yakni MT2523. Produk ini di klaim oleh Mediatek sebagai SoC pertama yang mampu mengkombinasikan mobile screen dengan resolusi tinggi. Lalu sudah didukung dengan dual-mode Bluetooth dan GPS. Ditambah lagi, produk ini memiliki efisiensi power. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.