Google memang sangat agresif. Operating system Android yang dibuatnya selalu update. Bahkan tidak sampai 1 tahun sudah muncul OS barunya. Hanya dalam kurun waktu 2009 hingga 2015 sudah ada 9 operating system yang dikeluarkan. Itu belum termasuk upgrade dari setiap OS nya. Mulai dari Cupcake sampai dengan Lollipop.

Terakhir adalah Marshmallow yang baru saja diumumkan oleh Google bahwa manisnya OS baru nya ini sudah dapat dirasakan pada device Nexus. Baik Nexus yang sudah beredar maupun Nexus 5X dan Nexus 6P.

Seperti yang dilansir pada Official Android Blogspot, Marshmallow ini dianggap paling manis, pintar dibandingkan dengan OS sebelumnya. Ada fitur Now on Tap yang akan membantu Anda dalam mengoperasikan device berbasis Android Marshmallow ini. Kemudian ada Fitur Battery-Smart yang akan membuat device aktif lebih lama. Dan new app permission yang akan mengontrol atau mengendalikan data-data pribadi.

Device yang sudah mengadopsi Android Marshmallow ini antara lain Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7 (2013), Nexus 9 and Nexus Player dapat memperoleh update OS baru ini melalui over the air.

Belum diinformasikan oleh Google seperti apa cara update Marshmallow ini ke device lama. Yang pasti lewat Over The Air atau OTA, hanya saja, apakah digratiskan atau berbayar, masih belum ada info.

Dalam sejarah, boleh dibilang Android ini sangat fenomenal. Mulai dari update OS yang begitu cepat hingga begitu banyak brand global maupun lokal yang menggunakan OS ini. Benar-benar mendobrak arogansi brand yang ada pada waktu kelahirannya itu.

Saat ini, OS Android berdasarkan data dari IDC sudah menguasai 82.8% market share di dunia pada Q2 2015. Jumlah ini sedikit menurun dibandingkan dari tahun sebelumnya dalam periode yang sama yakni 84.8%. Sedangkan pada tahun 2013 sebesar 79.8% dan tahun 2012 sebesar 69.3%.

Kontributor terbesar pada tahun ini adalah Samsung terutama ketika brand asal Korea ini meluncurkan Galaxy S6 dan S6 Edge. Trend peningkatan dibandingkan dengan Q1 205 juga terjadi karena pengapalan device oleh Huawei, Xiaomi dan ZTE yang cukup agresif. (Icha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.