Telko.id, Jakarta – Tingginya minat milenial untuk berlibur, utamanya ke luar negeri secara tidak langsung membawa angin segar bagi industri. Bukan saja pariwisata, tetapi juga industri lainnya yang mendukung. Selain menjadi ajang melepas stress dari rutinitas hari-hari, liburan juga dijadikan sebagai cara lainnya oleh milenial untuk tak sekedar mengeksplorasi tetapi juga mencari konten yang ampuh untuk memenuhi feed dan stories media sosial masing-masing.

Naiknya harga tiket pesawat memang sempat menjadi pembicaraan hangat di masyarakat, tapi toh ini tidak menyurutkan minat para traveler untuk tetap menjelajah berbagai destinasi di penjuru dunia. Tiket pesawat tetap diserbu, berbagai destinasi tetap ramai dituju.

Nah, pertanyaannya sekarang, sudah siapkah kita dengan segala konskekwensi yang mungkin kita hadapi? Satu hal yang harus diingat, jangan sampai liburan membuat kantong bolong dan mengganggu keperluan hidup setelah pulang ya.

{Baca juga: 4 Tips yang Harus Kamu Baca sebelum Traveling}

Berikut beberapa tips dari Travel Bloggers yang tergabung dalam JavaMifi Buddy agar traveling tidak sampai membuat kantong bolong:

Siapkan Itinerary 

Menurut Yudha Ashari (@catatanbackpacker), mengikuti jadwal perjalanan yang telah dibuat sebelum keberangkatan adalah hal terpenting. Ya boleh lah improvisasi sedikit, tapi harus tetap pada jalurnya. Memperhitungkan budget secara detail dengan sering menengok mbah Google, entah terkait harga tiket masuk wisata atau harga transportasi akan sangat membantu agar liburan tidak melebihi budget.

Eksplor Tempat Wisata Gratis

Tempat gratis tidak selalu garing, terkadang beberapa kota yang terkenal kecantikannya menyediakan tempat publik yang tidak berbayar namun tetap keren untuk instagram kita. Cia Wardhana (@ciawardhana) berpendapat pilihan untuk tempat gratis yang kece seperti museum banyak ditemukan, terutama di Inggris. Taman juga bisa menjadi pilihan murah meriah, contohnya di Korea kita bisa menikmati Taman Hangang sambal makan mie instant. Dijamin liburan tetap seru!

Manfaatkan Transportasi Umum

Banyak yang tidak menyadari kalau naik transportasi umum seperti bus, LRT maupun MRT akan jauh lebih irit dibandingkan naik taxi. Hal ini diungkapkan travel bloggers Muhamad Putra Setia (@putrasetia). Pasalnya beberapa negara memiliki harga spesial untuk turis, contohnya JR Pass di Jepang dan Travelcard di Inggris. Putra juga mengingatkan untuk selalu bawa tumbler minum sendiri, karena itu akan jauh lebih hemat dibandingkan berulang kali beli air mineral di negara orang, plus lebih ramah lingkungan!

Rajin Kunjungi Travel Fair

Ada alasannya kenapa travel fair selalu ramai dikunjungi traveler di setiap kota, meskipun kini mencari tiket murah dapat dilakukan melalui smartphone. Travel fair seringkali menawarkan promo berbeda, misalnya promo yang sifatnya umum seperti tiket pesawat ke berbagai destinasi hingga berbagai aktivitas pendukung travel seperti tiket atraksi dan sewa international pocket wifi rental.

Patungan dan Cermat Memilih Hotel

Ini pentingnya pergi rame-rame. Kalau menurut Cia Wardhana, bisa patungan kamar hotel, patungan makan termasuk patungan JavaMifi biar bisa internetan hemat bareng-bareng dan bisa selalu update liburan dimanapun dan kapanpun. Bahkan saat kita tinggal di hostel murah yang terkadang tidak menyediakan wifi sekalipun.

{Baca juga: 7 Aplikasi Ini Wajib Diunduh Sebelum Traveling ke Jepang}

Putra Setia menambahkan, hostel juga bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk menghemat budget dan jika mau tinggal di hotel minimal harus berdua dengan teman. Sementara Yudha Ashari berpendapat aplikasi Couchsurfing dan AirBnB wajib untuk diketahui traveler untuk akses pilihan menginap yang lebih terjangkau karena penginapan termasuk salah satu faktor yang paling menguras budget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.