Home TREND&TECHNOLOGY Lampu Zombie Ini Cegah Pejalan Kaki Ketabrak

Lampu Zombie Ini Cegah Pejalan Kaki Ketabrak

Telko.id, Jakarta – Pemerintah Kota Tel Aviv, Israel memasang lampu LED khusus di trotoar jalan raya. Lampu tersebut bernama Lampu Zombie yang berfungsi untuk melindungi para pejalan kaki yang berjalan tanpa bisa lepas dari penggunaan ponsel.

Kepala Divisi Manajemen Lalu Lintas Kota Tel Aviv-Yafo, Tomer Dror mengatakan, lampu itu dipasang di trotoar sebelum penyeberangan jalan atau zebra cross. Dengan begitu, mereka yang masih sibuk mengoperasikan ponsel tahu kapan berhenti.

“Lampu lalu lintas Zombie sengaja kami pasang untuk meminimalisasi potensi kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan pejalan kaki yang kerap lalai di persimpangan jalan,” kata Tomer Dror, seperti dikutip Telko.id dari Reuters, Jumat (15/03/2019).

{Baca juga: Di China Ada Jalur Khusus Pejalan Kaki Sambil Main Ponsel}

Ia menyampaikan, lampu bergaris akan menjadi hijau ketika aman untuk berjalan. Kemudian, lampu Zombie akan berwarna merah saat pejalan kaki harus berhenti. Sistem kerjanya seperti traffic light atau lampu lalu lintas di setiap persimpangan jalan raya.

Menurut Tomer Dror, untuk saat ini program percontohan Lampu Zombie masih terbatas di persimpangan tunggal di pusat Tel Aviv. Pemerintah kota berencana memperluas penggunaan Lampu Zombie jika memang terbukti berfungsi efektif.

{Baca juga: Google Mulai Uji Fitur Baru Google Maps Berteknologi AR}

Sekadar informasi, sistem serupa juga telah diterapkan oleh pemerintah Australia, Singapura, dan Belanda. Sejauh ini, laporan menyebut, sejumlah warga yang mengaku kecanduan bermain ponsel juga menyambut baik keberadaab lampu tersebut.

“Menurut saya, ini sesuatu yang luar biasa. Sebagai seseorang yang kecanduan ponsel dan sepanjang hari mata terpaku di layar, saya pikir keberadaan Lampu Zombie bisa mengurangi jumlah kecelakaan pejalan kaki,” kata seorang warga Tel Aviv, Shai Levi. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest articles

Demo 22 Mei, Pemerintah Batasi Akses WhatsApp dkk

Telko.id, Jakarta – Demi mencegah provokasi pasca aksi demo 22 Mei yang terjadi sejak Selasa kemarin (21/05), pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Komunikasi...

NASA Ungkap Bentuk Objek Misterius, Ultima Thule

Telko.id, Jakarta – Sejak kali pertama menemukan Ultima Thule yang misterius pada awal tahun ini, NASA berhasil menjaring penemuan lain tentang benda antariksa purba....

Akses Media Sosial Dibatasi, Apa Kata Operator Seluler?

Telko.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sudah mengumumkan pembatasan layanan...

Samsung Rilis Pembaruan OTA untuk Galaxy A70

Telko.id, Jakarta – Samsung merilis pembaruan software untuk smartphone menengah terbarunya, Samsung Galaxy A70 via OTA. Pembaruan dengan nomor A705GMDDU1ASE4 ini sebesar 376MB, dan membawa sejumlah peningkatan...