Categories: TREND&TECHNOLOGY
| On 2 months ago

Konsumen Asia Tak Tertarik Trio iPhone 2019?

Telko.id, Jakarta Apple memperkenalkan trio iPhone 11 dengan harga lebih murah dan prosesor lebih cepat.  Namun, ketiganya tidak memiliki teknologi 5G. Hal tersebut jelas membuat konsumen di Asia kecewa.

Kenapa? Di Asia, perangkat berharga jauh lebih murah ketimbang trio iPhone 2019 dengan teknologi 5G sudah banyak berseliweran. Apalagi, fitur-fitur yang ditawarkan tak kalah ciamik ketimbang tiga ponsel baru Apple.

Dikutip Telko.id dari Reuters, Jumat (13/9/2019), iPhone 11 dilego ke pasaran dengan harga lebih murah USD 50 atau sekira Rp 700 ribu ketimbang iPhone XR. Namun, pengguna di Asia tampaknya tetap tak tertarik.

{Baca juga: Sebagian Pengguna “Jijik” Lihat Trio iPhone 2019, Kenapa?}

Menurunkan harga iPhone 11 mungkin merupakan upaya Apple untuk menarik pembeli di China. Sebab, di negara itu, iPhone kalah saing dengan produk Huawei. Apalagi, Amerika Serikat perang dagang dengan China.

“iPhone baru sama sekali tidak mengejutkan. Perubahan nyata yang ada hanyalah keberadaan kamera tambahan di iPhone model premium, ”kata Park Sung-soon, seorang analis di Cape Investment & Securities.

Ia melanjutkan, untuk mendapatkan iPhone berteknologi 5G, pengguna harus menunggu sampai satu tahun. Artinya, kenapa tidak membeli ponsel Huawei saja? Atau, ada Vivo dan Samsung yang punya teknologi serupa.

Sebuah meme di media sosial menampilkan CEO Apple, Tim Cook, membual tentang fitur-fitur baru iPhone. Di lain sisi, ada CEO bisnis konsumen Richard Yu yang pamer bahwa fitur tersebut sudah lama terdapat di Huawei.

Seperti dikutip Telko.id dari CNET, preorder untuk ketiga iPhone baru dilayani mulai Jumat (13/9/2019) waktu setempat. Ketiganya baru akan hadir di toko-toko di beberapa negara pada 20 September mendatang.

{Baca juga: Kapan iPhone 11 Masuk Indonesia? Erajaya: Hanya Apple yang Tahu}

Sebelumnya, diketahui bahwa harga untuk iPhone 11, dari versi standar, Pro hingga Pro Max dibanderol mulai USD 699 atau Rp 9,7 jutaan, USD 999 atau Rp 13,9 jutaan, dan USD 1.099 atau Rp 15,3 jutaan. Dirilisnya harga smartphone baru ini secara tidak langsung membuat para pendahulunya mengalami penurunan harga.

iPhone XR sekarang berharga USD 600 atau sekitar Rp 8,4 juta untuk model 64GB. Nah, jikalau pengguna memiliki iPhone lama untuk dijual, Apple akan membeli dengan harga USD 200 atau lebih kurang Rp 2,8 juta. Bagaimana dengan iPhone 8?

Untuk iPhone 8, pegguna bisa membeli lebih murah, seharga USD 450 atau sekitar Rp 6,3 juta. Jika menginginkan iPhone XR atau iPhone 8 untuk model 128GB, calon pembeli hanya perlu membayar tambahan sebesar USD 50 atau sekira Rp 700 ribu. [SN/IF]